Lihat ke Halaman Asli

Isma NR

just a student

Korean Wave di Indonesia

Diperbarui: 12 Mei 2021   23:36

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Korean Wave

Siapa yang tidak kenal dengan BTS, NCT, EXO, Super Junior? Mereka adalah bagian kecil dari K-Pop. K-Pop merupakan genre musik yang berasal dari korea selatan yang saat ini sedang mendunia termasuk di Indonesia dan digandrungi oleh berbagai kalangan didunia mulai dari yang muda hingga tua. 

Selain dengan musiknya Korea Selatan juga dikenal dengan drama, film, hingga makanannya, bahkan cara makeup dan cara berpakaian orang-orang Korea Selatan banyak ditiru atau dijadikan sebagai role model. 

Dengan adanya korean wave ini membawa berbagai pengaruh bagi penggemar-penggemarnya, misalnya rela mengeluarkan uang dengan jumlah yang cukup besar hanya sekedar untuk membeli album atau merchandise bahkan untuk membeli tiket konser artis idolanya. 

Saya juga merupakan salah satu orang yang menyukai budaya korea (korean wave), menurut saya ada beberapa alasan mengapa budaya korea ini mudah diterima di Indonesia:

1.Dalam hal drama dan film tentu sangat berbeda dengan drama-drama yang tayang di tv Indonesia. Dalam pembuatan sebuah drama di korea selatan persiapannya sangat matang, jumlah episode sudah ditetapkan di awal, lalu alur serta konfliknya jelas. Ini sangat berbanding terbalik dengan drama-drama di Indonesia.

2.Dalam hal K-Pop sudah pasti boyband dan girlband yang berperan, sudah pasti mereka sangat tampan dan cantik selain itu mereka juga berkarisma dan berbakat mereka dituntut untuk ahli di berbagai bidang tidak hanya menyanyi atau menari. Mungkin inilah yang menjadi daya tarik tersendiri mengapa banyak yang menyukai K-Pop.

Dengan adanya budaya korea ini dapat membantu membuka peluang usaha baru contohnya, membuka studio photo dengan nuansa tradisional korea serta menyewakan pakaian tradisional korea untuk berfoto, lalu membuka usaha dibidang fashion dengan menjual pakaian-pakaian ala korea, dan juga membuka usaha dibidang kuliner dengan menjual makanan-makanan khas korea seperti tteokbokki, kimbap, bibimbap, kimchi, dan lain-lain. Selain itu menyukai K-Pop ada beberapa manfaatnya juga, diantaranya:

*Meniru sikap postif idol misalnya dalam hal kedisiplinan dan kerja keras,

*Menambah wawasan serta pengetahuan,

*Menambah kemampuan berbahasa asing,

*Dapat mengasilkan uang, dengan cara menjual barang-barang yang berkaitan dengan K-Pop.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline