Lihat ke Halaman Asli

Irwan Rinaldi Sikumbang

TERVERIFIKASI

Freelancer

Pj Gubernur DKI Jakarta Harus Steril dari Pengaruh Parpol

Diperbarui: 6 September 2022   12:13

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Anies Baswedan|dok. SINDOnews

Siapa yang akan menjadi Pj Guberbur DKI Jakarta pengganti Anies Baswedan yang akan habis masa jabatannya pada 16 Oktober 2022 mendatang?

Jika menyimak pemberitaan di sejumlah media daring, ada beberapa nama yang cukup menonjol dan dijagokan oleh tokoh masyarakat atau anggota DPRD DKI Jakarta tertentu yang diwawancari para jurnalis.

Pertama, Sekretaris Daerah (Sekda) DKI Jakarta, Marullah Matali, yang dijagokan Abdul Ghoni, penasehat Fraksi Gerindra DPRD DKI Jakarta.

Alasannya, Marullah adalah putra daerah alias asli orang Betawi. Tentu, pengalaman Marullah yang pernah jadi Wali Kota Jakarta Selatan, juga menjadi menjadi salah satu pertimbangan.

Kedua, anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD RI) mewakili DKI Jakarta, Jimly Asshiddiqie, mendukung Bahtiar, yang sekarang menjabat sebagai Dirjen Politik dan Pemerintahan Umum Kemendagri.

Adapun alasan Jimly karena menilai sosok Bahtiar sebagai orang yang netral dan tidak punya kepentingan politik, seperti diberitakan tempo.co (5/9/2022).

Ketiga, nama yang sejak awal sudah sering disebut-sebut, yakni Heru Budi Hartono. Posisi Heru saat ini sebagai Kepala Sekretariat Presiden (Kasetpres) tentu merupakan sebuah keuntungan tersendiri.

Heru menjabat Kasetpres sejak 2017. Artinya, Presiden Joko Widodo tentu sudah mengenal dengan baik kemampuan Heru.

Apalagi, saat Joko Widodo menjadi Gubernur DKI Jakarta, Heru ditunjuk menjadi Wali Kota Jakarta Utara pada 2014.

Ketika Basuki Tjahaja Purnama yang lebih dikenal dengan nama Ahok menjadi Gubernur DKI Jakarta, Heru dipindahkan dari wali kota menjadi Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah DKI Jakarta.

Kita tunggu saja, siapa di antara ketiga figur di atas yang akhirnya menjadi pengganti sementara Anies Baswedan? 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline