Lihat ke Halaman Asli

Irfan Maulana

Buku Dan Pena Adalah Sahabat Saya

Unggul Gol Tandang, FC Porto Berhasil Lolos ke Babak 8 Besar UCL

Diperbarui: 10 Maret 2021   10:11

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Selebrasi Gol Tim FC Porto . Sumber: Champions League

Dari lanjutan kompetisi sepakbola UEFA Champions League atau Liga Champions Eropa musim 2020/2021 yang telah memasuki babak fase knock-out 16 besar Leg 2 yang mempertemukan antara tim Serie A Juventus yang hadapi lawannya tim asal Portugal yaitu FC Porto . Pada leg pertama sebelumnya , FC Porto berhasil unggul dengan agregat skor 2-1 yang berlangsung di Estadio Do Dragao yang juga merupakan markas tim FC Porto pada 17 Februari 2021 lalu .

Memasuki leg kedua yang berlangsung di Stadion Juventus Stadium pada Selasa 9 Maret 2021 malam waktu setempat atau Rabu 10 Maret 2021 dinihari WIB ini berlangsung sengit dan dramatis . Meskipun laga digelar tanpa penonton , laga ini tetap menjadi menarik untuk disaksikan dan laga tersebut juga sampai berlanjut pada babak extra time atau babak perpanjangan waktu .

Dan hasilnya adalah Juventus berhasil unggul dengan skor akhir 3-2 atas FC Porto . Gol para pemain Juventus berhasil dicetak oleh 2 gol Federico Chiesa pada menit '49 dan menit '63 dan satu gol dicetak oleh Adrien Rabiot pada menit '117 . Sementara itu gol dari tim FC Porto berhasil dicetak oleh dua gol Sergio Oliveira pada menit '19 tendangan penalti dan pada menit '115 . FC Porto tetap lolos ke babak 8 Besar UCL meskipun agregat skor adalah 4-4 , pasalnya FC Porto berhasil unggul gol tandang .

Jalannya pertandingan berlangsung menarik sejak menit awal babak pertama , FC Porto yang dilatih oleh pelatih Sergio Conceicao berhasil unggul lebih dulu lewat gol tendangan penalti yang berhasil dieksekusi oleh Sergio Oliveira pada menit '19 dan skor menjadi 0-1 untuk keunggulan tim FC Porto dan bertahan hingga babak pertama usai .

Memasuki babak kedua tim Juventus yang dilatih oleh pelatih Andrea Pirlo berusaha mencari gol balasan dan hasilnya adalah , pada menit '49 gol Federico Chiesa yang berhasil menerima umpan dari Cristiano Ronaldo sukses mencetak gol penyama kedudukan menjadi imbang 1-1 untuk Juventus . 

Selanjutnya pada menit '63 Juventus berhasil unggul menjadi 2-1 berkat gol kedua Federico Chiesa setelah berhasil menerima umpan dari Juan Cuadrado yang sekaligus membuat skor berubah menjadi 2-1 untuk keunggulan tim La Vecchia Signora atau Si Nyonya Tua (julukan tim Juventus) . Skor 2-1 bertahan hingga babak kedua usai dan laga pun berlanjut pada babak perpanjangan waktu karena agregat skor menjadi 3-3 .

Dimasa babak extra time atau babak perpanjangan waktu , laga pun semakin menarik . Sampai akhirnya , FC Porto berhasil mencetak gol yang kembali dicetak oleh Sergio Oliveira pada menit '115 dan skor berubah menjadi imbang 2-2 . Tidak lama kemudian , tim Juventus berhasil kembali mencetak gol melalui gol Adrien Rabiot pada menit '117 setelah berhasil menerima umpan dari Federico Chiesa dan skor berubah menjadi 3-2 untuk keunggulan tim asuhan pelatih Andrea Pirlo bersama tim Juventus .

Skor akhir 3-2 bertahan hingga pertandingan usai , meskipun demikian , tim FC Porto yang berhasil lolos ke babak selanjutnya atau babak perempat final 8 besar . FC Porto berhasil unggul gol tandang , meskipun agregat skor adalah 4-4 .

Sementara itu di pertandingan lainnya , tim Bundesliga Borussia Dortmund berhasil lolos ke babak selanjutnya setelah meraih hasil imbang 2-2 saat hadapi lawannya tim La Liga Spanyol Sevilla FC yang berlangsung di Stadion Signal Iduna Park markas tim Borussia Dortmund .

Gol para pemain Borussia Dortmund berhasil dicetak oleh dua gol Erling Braut Haaland pada menit '35 dan tendangan penalti pada menit '54 , sementara itu gol dari tim Sevilla FC berhasil dicetak oleh dua gol Youssouf En-Nesyri pada menit '69 tendangan penalti dan pada menit '90+6 . 

Hasil ini , Borussia Dortmund dipastikan lolos ke babak selanjutnya setelah unggul dengan agregat skor 5-4 , setelah sebelumnya pada leg pertama , Borussia Dortmund berhasil unggul dengan skor 3-2 ketika pertandingan berlangsung di Estadio Ramon Sanchez Pizjuan yang juga merupakan markas tim Sevilla FC  pada tanggal 17 Februari 2021 lalu .

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline