Lihat ke Halaman Asli

Strategi Pelaksanaan Pembelajaran di Sekolah Penyelenggara Pendidikan Iklusif

Diperbarui: 4 Desember 2022   11:39

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

STRATEGI PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DI SEKOLAH PENYELENGGARA PENDIDIKAN IKLUSIF

Strategi pembelajaran adalah suatu usaha menggunakan strategi yang sistematis yang dilakukan secara efektif untuk mendapatkan suatu prestasi dan juga keberhasilan dalam kegiatan pembelajaran.

Hal-hal yang perlu diperhatikan seorang guru adalah:

  • Guru perlu mengetahui bagaimana cara mengajar peserta didik dengan latar belakang dan kemampuan yang beragam.
  • Guru menghargai semua peserta didik di kelas.
  • Semua peserta didik memiliki hak untuk belajar, tanpa memandang perbedaan fisik, intelektual, sosial, emosi, bahasa, atau kondisi lainnya.
  • Dalam lingkungan pembelajaran yang inklusif setiap orang berbagi visi yang sama tentang bagaimana peserta didik harus belajar, bekerja, dan beramin bersama.

Strategi pembelajaran Inklusif

  • Memberikan guru pendamping khusus yang bekerjasama dengan guru kelas untuk mendampingi peserta didik berkebutuhan khusus (PDBK).
  • Meneydiakan fasilitas bagi peserta didik berkebutuhan khusus (PDBK).
  • Menyediakan alat permainan untuk peserta didik berkebutuhan khusus (PDBK) agar tertarik belajar di sekolah.
  • Orang tua peserta didik memfasilitasi guru pendamping khusus untuk mendampingi proses pembelajaran peserta didik berkebutuhan khusus (PDBK).
  • Memebrikan jam tambahan diluar jam pelajaran bagi peserta didik berkebutuhan khusus (PDBK).



BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline