Lihat ke Halaman Asli

Petani Millenial

Public Relations

Memahami "Branding" Sebagai Inti Dari Seluruh Promosi Bisnis

Diperbarui: 23 Januari 2018   11:17

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilustrasi: Brand. (Freepik.com)

Brand adalah segala sesuatu yang terkait dengan perusahaan, layanan atau produk, atribut, baik barang berwujud maupun tidak berwujud. Brandingyang berasal dari kata brand atau merek. Dalam penggunaannya, kata brand dan branding mempunyai makna yang berbeda yaitu jika brand berarti merek, maka pengertian branding adalah berbagai kegiatan komunikasi pemasaran yang dilakukan oleh perusahaan dengan tujuan untuk membangun citra dan atau membesarkan sebuah merek.

Menurut Kotler (2009:332), Brand adalah nama, istilah, tanda, symbol atau rancangan, atau kombinasi dari semuanya, yang dimaksudkan untuk mengidentifikasi barang atau jasa atau kelompok penjual dan untuk mendiferensiasikannya (membedakan) dari barang atau jasa pesaing.

Brand sebuah perusahaan ibaratnya reputasi bagi seseorang. Anda mungkin tertarik dengan seseorang yang belum Anda kenal, Anda harus memiliki hubungan yang lebih dalam sehingga Anda menyukai dari berbagai hal termasuk nilai dan karakteristik yang dimiliki.

Begitupun dengan sebuah perusahaan. Koneksi yang dalam antara perusahaan dan klien akan terjalin apabila semuanya terjalin dengan nilai-nilai diatas.

Berikut beberapa jenis branding yang perlu anda ketahui.

1.  Personal Branding

Ilustrasi: Personal Branding. (Freepik.com)

Branding personal seperti ini merupakan sistem pemasaran yang selalu dilakukan oleh para public figure seperti selebriti, politis, musisi, pengusaha terkenal dan lain sebagainya. Sehingga mereka memiliki penilaian  tersendiri di mata publik.

2.  Product  Branding

Ilustrasi: Branding Produk iPhone X. (istyle.eu)

Product branding adalah pencitraan untuk sebuah produk sehingga konsumen atau pelanggan terdorong untuk memilihnya dibandingkan produk milik pesaing.

3.  Corporate Branding

Ilustrasi: Corporate Branding (Unsplash.com)

Corporate branding adalah pengembangan reputasi sebuah perusahaan di masyarakat sehingga masyarakat mengetahui segala aspek perusahaan mulai dari produk, jasa hingga kontribusi karyawan perusahaan tersebut.

4.  Cultural Branding

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline