Lihat ke Halaman Asli

Cara Menulis Surat Lamaran Kerja Secara Tepat

Diperbarui: 10 April 2017   08:59

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

www.holidaycardsapp.com

Dear Sahabat Imsearchlight, 

Apabila anda ingin menjadi Professional di perusahaan, maka pertama kali, anda harus menulis surat lamaran, CV untuk ditujukan ke perusahaan. Dimana tulisan tersebut,  Anda tuangkan keinginan dan harapan untuk mendapatkan kesempatan bergabung di perusahaan.

Menulis pada hakikatnya adalah suatu proses berpikir yang teratur, sehingga apa yang ditulis mudah dipahami si Penerima dalam hal ini Perusahaan. Perusahaan akan melihat surat lamaran atau CV sebagai perwakilan seluruh kualifikasi Anda.

Dalam menulis surat lamaran yang perlu diperhatikan adalah (TEPAT) :

1.      Tanggal surat

Penulisan tanggal memiliki tujuan untuk memberikan keterangan secara formalitas  kualifikasi diri Anda sesuai periode pada saat tanggal tersebut di Tulis.

2.      Ejaan

Ejaan dalam penulisan di usahakan menggunakan Bahasa Inggris. Mengingat saat ini Perusahaan lebih banyak mengutamakan ‘kandidat/calon karyawan’ yang bisa menggunakan Bahasa Inggris dan di perhitungkan pertama kali melalui surat lamaran atau CV yang dikirimkan. 

Setelah penulisan,   disetiap tulisan pastikan untuk cek dan ricek lagi untuk memastikan tidak adanya kesalahan, tidak ada kata-kata yang di ulang, grammar yang sesuai serta tata bahasa yang baik. Dalam program MS Word Anda bisa menggunakan spell dan grammar checker.

Perhatikanlah! Apabila di dalam surat Lamaran Anda terjadi satu atau lebih kesalahan dalam ejaan saja bisa menyebabkan Anda kehilangan kesempatan yang penting untuk memperoleh pekerjaan, karena pihak perusahaan mengganggap bahwa Anda kurang teliti.

3.      Penerima Surat

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline