Lihat ke Halaman Asli

Imas Masitoh

Guru SD yang baru saja selesai mengikuti pendidikan guru penggerak angkatan 8

Asesmen Tengah Semester dan Penilaian Tengah Semester di SDN Pagadungan 6 Berjalan Lancar

Diperbarui: 17 Maret 2025   11:37

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri

Hari Senin, 17 Maret 2025 adalah hari pertama di SDN Pagadungan 6 melaksanakan kegiatan Asesmen Tengah Semester (ASTS)  untuk kelas 1,2,4, dan 5 dan Penilaian Tengah Semester (PTS)  untuk kelas 3 dan 6. Kegiatan ini merupakan agenda rutin yang dilaksanakan setiap pertengahan semester untuk mengukur pemahaman siswa terhadap materi yang telah dipelajari.

Alhamdulillah suasana kondusif dan tertib. Sejak pagi hari, suasana tampak berbeda dari biasanya. Para siswa terlihat lebih fokus dan serius mempersiapkan diri untuk mengikuti ASTS dan PTS. Ruang-ruang kelas ditata sedemikian rupa agar kondusif dan nyaman bagi siswa untuk mengerjakan soal.

Dokpri

Kegiatan ASTS dan PTS dimulai tepat pukul 08.00 WIB. Para siswa mengerjakan soal-soal dengan tenang dan tertib. Guru-guru pun menjalankan tugasnya dengan baik, memastikan tidak ada kecurangan selama kegiatan berlangsung.

Dalam kegiatan ASTS dan PTS  berbagai mata pelajaran diujikan, antara lain Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Pancasila,  Matematika, Bahasa Indonesia, Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS), SBdP, Bahasa Inggris, Bahasa Sunda, Juz'Amma, dan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan (PJOK). Soal-soal yang diujikan disusun berdasarkan kurikulum yang berlaku dan disesuaikan dengan tingkat pemahaman siswa. Bagi kelas 1, 2, 4, dan 5 soal disusun dengan panduan kurikulum merdeka. Sedangkan untuk kelas 3 dan 6 menggunakan kurikulum 2013.

Adapun tujuan dari kegiatan ASTS dan PTS ini sebagai berikut:

Pertama, untuk mengukur pemahaman siswa terhadap materi yang telah dipelajari selama setengah semester.

Kedua, mengevaluasi efektivitas proses pembelajaran yang telah dilaksanakan oleh guru.

Ketiga, mengidentifikasi kelemahan dan kekuatan siswa dalam memahami materi pelajaran.

Keempat, memberikan umpan balik kepada siswa dan orang tua mengenai perkembangan belajar siswa.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline