Lihat ke Halaman Asli

Ilham Suheri Situmorang

Pedagang kecil di sebuah gubuk rentah nan beralaskan tanah

Marxisme

Diperbarui: 15 November 2019   20:32

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Filsafat. Sumber ilustrasi: PEXELS/Wirestock

Pandangan yang terfokus pada perubahan sosial ditinjau dari kekuatan ekonomi sebagai daya tarik perubahan itu sendiri dengan materialisme dan sejarah sebagai pedoman pengamatannya. 

Pandangan dengan pandapat sejarah manusia adalah proses alamiah dengan begitu hukumnya dapat diamati (seperti pandangan positifis logis), analisa alam diterapkan pada analisa sosial (Sztompka, 2010: 181).

Menurut sejarah manusia berkembang menuju arah kemajuan yang lebih baik (sempurna). Perkembangan yang dalam tradisi ilmiah dapat disamakan dengan pandangan evolusionisme dan developmetalisme yang menurut kedua pandangan ini sejarah manusia berkembang dari embrio sederhana ke kompleksitas kesempurnaan bentuk. 

Dalam sosial dengan mengetahui hukum, ketentuan, pola dan kecenderungan yang terjadi dalam sejarah akan dapat dijadikan analisa yang komprehensif mengenai kejadian atau peristiwa dimasa mendatang dengan melakukan tindakan sesuai dengan hukum, ketentuan, pola dan kecenderungan yang terjadi dalam sejarah atau memodifikasinya jika mengkehendakinya. 

Dalam pandangan Marx adalah dengan mengikuti sistematika tersebut akan dapat diperoleh perbaikan zaman sesuai yang dikehendaki dan pernyataannya menegaskan (Sztompka, 2010: 181): "Filosof hanya menafsirkan sejarah dunia; masalah sebenarnya adalah bagaimana cara untuk mengubahnya."

Pandangan Marx yang menjadikanya secara fundamental sama dengan Evolusionisme yaitu (Sztompka, 2010: 181):

1. Marx adalah penganut setia pendirian yang menyatakan, seluruh proses sejarah mengarah kepada kemajuan. Ia sama optimisnya dengan kaum  evolusionis dan membayangkan terjadinya perbaikan keadaaan masyarakat secara terus -- menurus.

2. Ia melihat kemajuan sejarah didorong oleh kekuatan dari dalam.

3. Perkembangan sejarah melalui urutan tahap yang dapat dibedakan, melalui jalan yang seragam.

4. Kecenderungan utama perkembangan sejarah ditandai oleh peningkatan kompleksitas dan diferensiasi masyarakat, sehingga pembagian kerja dalam masyarakat menjadi perhatian khusus.

Marx juga sangat terinspirasi oleh pemikiran Hegel mengenai dialektika namun dengan sangat selektif untuk menerimanya. Ada hal yang secara fundamental menjadi dasar bangunan filsafat Marx namun tidak sama sekali mejadikannya keseluruhan dari rangkaian filsafatnya. Sebagai gambaran dari persamaan fundamental (Sztompka, 2010: 182-183) yaitu:

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline