Lihat ke Halaman Asli

KKN BTV III UNEJ: Meningkatkan Self Directed Learning Dengan Pengenalan Aplikasi Digital

Diperbarui: 30 Agustus 2021   18:37

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokumentasi Pribadi

Munculnya pandemi Covid-19 mengakibatkan pelaksanaan belajar dan mengajar di sekolah akhirnya terpaksa harus dilaksanakan di rumah masing-masing yang akhirnya mengubah proses pembelajaraan menjadi berbasis daring. Sehingga saat ini teknologi berperan penting dalam proses pembelajaran karena jaringan media digital menjadi wadah bagi segala aktivitas pendidikan yang dilakukan secara daring. Begitupula Universitas Jember yang pelaksanaan kegiatan perkuliahan dilakukan secara daring dengan memanfaatkan media digital sebagai proses pembelajaran. Seperti saat ini, kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) yang sebelumnya dilakukan secara berkelompok terpaksa dilakukan secara individu di desa masing-masing.

Pengabdian KKN dilaksanakan di Desa Balunglor, Kecamatan Balung, Kabupaten Jember, Jawa Timur. Dengan jumlah penduduk Desa Balunglor kurang lebih sebanyak 25.665 jiwa dan memiliki luas wilayah sekitar 3,513 Ha. Desa Balunglor memiliki 8 PAUD, 10 TK, 13 SD/MI, 6 SMP/MTs dan 6 SMA/MA sehingga bisa dikatakan bahwa pendidikan di Desa Balunglor tergolong cukup baik karena tersedianya tempat pendidikan yang memadai bagi anak-anak desa dalam menuntut ilmu.

Ditengah kegiatan daring, berbagai aplikasi berbau pendidikan masih kurang dimaksimalkan karena kurangnya pengetahuan digital pada anak-anak begitupula orang tua, apalagi kebanyakan anak-anak sekarang dalam menggunakan smartphone digunakan untuk bermain game atau menonton video Youtube yang tidak ada manfaatnya dalam proses pembelajaran daring. Mereka juga masih merasa kebingungan dalam mencari referensi materi dalam mengerjakan tugas karena materi yang disampaikan oleh pihak guru melalui Grup WhatsApp belum tersampaikan dengan maksimal jika dibandingkan dengan proses pembelajaran secara luring, sehingga perlu adanya kemampuan dalam penggunaan teknologi agar lebih paham dalam menerima pelajaran sekolah.

Dokumentasi Pribadi

Berdasarkan permasalahan tersebut, saya sebagai mahasiswa KKN BTV III Unej dengan mengambil tema Program Literasi Desa Pada Masa Pandemi Covid-19 ingin membantu mengoptimalkan literasi digital yang akan membantu para siswa di jenjang sekolah dasar agar bisa menggunakan media digital dengan baik dan bijak sejak dini. Sasaran yang saya pilih yaitu para siswa siswi sekolah dasar di Dusun Karang Anyar, Desa Balunglor, Kecamatan Balung, Kabupaten Jember, Jawa Timur.

Kegiatan KKN dilaksanakan dari tanggal 11 Agustus 2021 – 9 September 2021 dengan program kerja yang saya lakukan dalam kegiatan KKN ini yaitu di minggu pertama saya melakukan pengenalan dan observasi kepada sasaran serta membentuk program kerja yang akan dijalankan. Minggu kedua mulai melaksanakan pelatihan Gmail, Gmeet dan Zoom serta membuat kelas KKN di portal sd.unej.ac.id dengan judul “Pengenalan Dan Pelatihan Literasi Digital Pada Anak Usia Dini”. Minggu ketiga melanjutkan pelatihan mengenai penggunaan aplikasi Rumah Belajar dan IPusnas sebagai aplikasi penunjang pembelajaran daring. Di minggu terakhir yaitu minggu keempat melakukan evaluasi program kerja yang telah dilakukan sebelumnya dan melakukan penyusunan laporan akhir yang digunakan sebagai bentuk pelaporan KKN kepada pihak Universitas Jember.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline