Lihat ke Halaman Asli

Ika Septi

TERVERIFIKASI

Lainnya

"Something Else", Cara Cranberries Membangkitkan Kenangan

Diperbarui: 5 Desember 2017   17:14

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilustrasi : Indiegestion

Why do birds suddenly appear

Every time you are near?

Just like me, they long to be

Close to you...

Penggalan lirik di atas selain pernah mengalun indah dari bibir Karen Carpenter dan Dusty Springfield ternyata pernah pula dibawakan oleh salah satu grup band asal Limerick, Irlandia, The Cranberries. Dolores O'Riordan sang vokalis bersuara khas itu membawakan lagu yang berjudul lengkap "(They Long to be) Close to You" dengan lantunan suara lembut yang menyentuh relung-relung kalbu, ehm.

"Close To You" merupakan satu-satunya lagu milik musisi lain yang dibawakan ulang oleh Cranberries untuk dicantumkan di dalam album mereka  yang bertajuk "No Need to Argue (The Complete Seasons 1994-1995)". Album ini merupakan rilisan ulang dari album fenomenal mereka yang juga merupakan album favorit saya, "No Need To Argue". Selain "Close To You", beberapa nomor tambahan pun muncul di album ini seperti "Away", "I Don't Need" dan "So Cold in Ireland".

Cranberries adalah salah satu band yang memiliki tempat tersendiri di hati saya. Dapat dikatakan bahwa lagu-lagu band beraliran alternative rock yang telah merilis 7 album studio ini adalah semacam soundtrack dari kehidupan masa remaja yang penuh dengan kegamangan. Nomor-nomor seperti Linger, Dreams, Wanted, Empty, Dreaming My Dreams, Free to Decide, Salvation, When You're Gone, dan berpuluh lagu lainnya pernah mewarnai kisah indah, sedih, bahagia, galau bahkan meran ala remaja. Ya, kala itu tak ada yang dapat meggantikan kedudukan band bernama awal "Cranberry Saw Us" ini. Harmonisasi melodi, lirik serta vokal unik milik Dolores terasa sangat pas untuk didengarkan, lagi dan lagi.

Nah, bulan April kemarin, band yang beranggotakan Dolores O'Riordan, Noel Hogan, Mike Hogan dan Fergal Lawler itu mengeluarkan album baru setelah 5 tahun vakum yang berjudul "Something Else". Album kompilasi di bawah naungan perusahaan rekaman besar BMG itu terdiri dari beberapa nomor lawas yang dibawakan secara unplugged dengan dukungan musik orkestra dari Irish Chamber Orchestra at The University of Limerick.  

Album ini adalah imbas dari penampilan yang dilakukan Dolores pada acara malam tahun baru di kota asalnya, Limerick, di mana ia tampil membawakan tiga buah lagu milik Cranberries dan satu buah lagu solonya bersama kuartet gesek dari Irish Chamber Orchestra. Sentuhan bebunyian dari kuartet gesek itu ternyata memberi sebuah inspirasi untuk merilis sebuah album akustik dalam rangka memeringati 25 tahun rilisnya album pertama mereka.

"Something Else" terdiri dari 13 tracks yang terdiri dari 10 nomor lawas dan 3 nomor baru. Diawali dengan nomor "Linger" yang diambil dari album awal mereka "Everybody Else Is Doing It, So Why Can't We?". Lagu tentang kekecewaan ini sebelumnya telah sering ditampilkan secara akustik sehingga ketika mendengarkannya di album terbaru mereka ini tidak menerbitkan kata 'wah' tersendiri. Lagu lawas selanjutnya yang mereka tampilkan adalah "Dreams"

Lagu yang merupakan single pertama milik Cranberries ini dibawakan Dolores seperti apa adanya, bahkan cenderung lebih ringan. Lalu tibalah di nomor "When You're Gone". Nomor ini adalah salah satu nomor favorit saya di mana intro awal yang mendayu ditambah sentuhan "Doo-be-da" yang didendangkan oleh Dolores memberi kekuatan tersendiri bagi lagu tentang kehilangan ini. Namun di album baru mereka ini, "When You're Gone" terdengar sedikit terburu-buru.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline