Lihat ke Halaman Asli

Ihda Laila

MAHASISWA

Mahasiswa FAI UHAMKA Adakan Pelatihan Financial Technology serta Pembukaan Rekening Bank Syariah Indonesia di Kantor Sekretariat PDM Jakarta Utara

Diperbarui: 10 April 2022   06:24

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokumentasi pribadi

JAKARTA – Mahasiswa Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka (kelompok 23) telah menyelenggarakan kegiatan Kuliah Kerja Sosial yang bertemakan “Menumbuhkan Kreativitas Literasi Digital Bagi Masyarakat”. Acara ini diselenggarakan di dua tempat yaitu Kantor Sekretariat Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Jakarta Utara dan SMK Muhammadiyah 12 Jakarta Utara pada tanggal 23 Februari 2022 – 24 Februari 2022. Kegiatan ini dihadiri oleh ibu-ibu Aisyiah dan peserta didik SMK Muhammadiyah 12 Jakarta Utara.

Dokumentasi pribadi

Kelompok 23 KKS FAI UHAMKA 2022 terdiri dari tiga program studi antara lain mahasiswa Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI), Perbankan Syariah (PS) dan Pendidikan Bahasa Arab (PBA). Adapun program KKS pada tanggal 23 Februari 2022 adalah yang pertama pelatihan financial technology dan yang kedua adalah workshop pembukaan rekening Bank Syariah Indonesia dan penggunaan m-banking.

Financial technology merupakan penggabungan antara teknologi dan sistem keuangan. Program ini dilaksanakan di Kantor Sekretariat PDM Jakarta Utara yang disampaikan oleh kakanda Dea Eka Syafitri selaku pemateri dari Mahasiswa Perbankan Syariah yang menjelaskan tentang penggunaan aplikasi DANA sebagai media keuangan digital. Yang dihadiri oleh ibu-ibu Aisyiah dan peserta didik SMK Muhammdiyah 12 Jakarta Utara. Manfaat dari pelatihan ini adalah untuk membantu masyarakat dalam melakukan transaksi keuangan digital dalam kehidupan sehari-hari. Adapun tujuannnya adalah dapat menambah wawasan mengenai penggunaan DANA sebagai media keuangan digital saat ini.

Dokumentasi pribadi

Program selanjutnya adalah workshop pembukaaan rekening Bank Syariah Indonesia dan penggunaan m-banking yang juga dilaksanakan di Kantor Sekretariat PDM Jakarta Utara dan disampaikan oleh kakanda Jamilah Amd. Par. Program ini menjelaskan tentang apa itu perbankan syariah, perbedaan bank syariah dengan bank konvensional, dan pembukaan rekening melalui m-banking Bank Syariah Indonesia. Pada program ini dihadiri oleh ibu-ibu Aisyiah dan peserta didik SMK Muhammdiyah 12 Jakarta Utara selaku peserta pelatihan. Pada sesi tanya jawab terlihat peserta sangat aktif dalam bertanya mengenai Bank Syariah Indonesia dan penggunaan m-banking. Manfaat dari pelatihan ini adalah menjadi sarana yang sangat membantu masyarakat dalam melakukan transaksi keuangan tanpa harus ke bank. Adapun tujuannya adalah menambah literasi mengenai Bank Syariah Indonesia beserta m-banking.

Dokumentasi pribadi

Dokumentasi pribadi

Kemudian kegiatan ini diakhiri dengann sesi dokumentasi dan pembagian reward untuk peserta teraktif selama program berlangsung serta tak lupa pemberian sertifikat kepada pemateri yang di berikan oleh kakanda Moh. Iqbal Maulana selaku ketua KKS kelompok 23.

Dokumentasi pribadi

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline