Lihat ke Halaman Asli

Mengenal PT Unilever Indonesia

Diperbarui: 8 Juni 2021   16:44

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dok. Unilever.co.id

Unilever Indonesia merupakan salah satu organisasi yang bergerak di bidang bisnis. Unilever Indonesia pertama kali didirikan pada 5 Desember 1933 di Jakarta Utara. Sebelum berganti nama menjadi  PT Unilever Indonesia, dahulu dikenal dengan Lever's Zeepfabrieken N.V. Sejak 22 Juli 1980 namanya berubah menjadi PT Unilever Indonesia Tbk dan hingga kini sudah banyak melakukan ekspansi (Unilever Indonesia n.d.).

Unilever Indonesia berada di bawah kepemimpinan Hemant Bakshi, selaku Presiden Direktur Unilever Indonesia sejak 1 Desember 2014. Berdasarkan laman berita idntimes.com, Hemant lebih mengutamakan keberagaman tim untuk mencapai kesuksesan maksimal perusahaan. Dirinya lebih puas dan percaya akan adanya hasil yang baik dapat diperoleh dari keberagaman tim (Perdana, 2020).

Selain itu, pada laporan berita Unilever Indonesia, perusahaan tersebut menunjukkan adanya pertumbuhan aset yang terus meningkat dari waktu ke waktu, yaitu dalam 35 tahun terakhir telah mengalami 110 kali lipat pertumbuhan aset (Unilever Indonesia, 2017). Hal tersebut mampu menunjukkan bahwa Hemant merupakan sosok pemimpin yang berhasil membawa orang-orang di sekitarnya dapat memajukan perusahaan. 

Baca juga : Penerapan Sistem Pengendalian Manajemen pada PT Unilever Indonesia Tbk

Seorang pemimpin yang baik dan efektif setidaknya harus memiliki bekal minimal seperti keberanian, kharisma, memiliki pengaruh kuat bagi orang lain, mampu berstrategi, bermoral, mampu menjadi motivator dan mediator.

Selain itu, pemimpin masa kini memiliki kriteria, yaitu pekerja keras, cerdas, disiplin, percaya diri, visioner, dapat menggerakkan organisasi, dan rela mengambil risiko (Ardiani dan Sriwijaya, 2010:193---198).

Berdasarkan laman berita CNBC yang berjudul "Presdir Unilever Bocorkan Resep Suksesnya" menunjukkan bahwa Hemant Bakshi merupakan sosok yang visioner, dirinya memberi kebebasan dalam kreativitas pada orang-orang yang bekerja dengannya dengan konsekuensi untuk memiliki output yang baik dan maksimal bagi Unilever.

Terdapat empat poin yang selalu dipegang kuat oleh Hemant Bakshi, yaitu menjunjung tinggi rasa hormat ke pada kolega dan konsumen, berintegritas, jujur, dan mencoba hal baru/pelopor. 

Kepemimpinan yang baik bagi Hemant Bakshi adalah dapat mempercayai orang yang bekerja sama dengannya, orisinalitas dengan menjadi pemimpin berkarakter autentik yang menjadi pribadinya sendiri tanpa harus berperangai berbeda pada atasan atau bawahan karena semua adalah sama, dapat dimintai pertanggungjawaban dan  mau bertanggung jawab, serta berkontribusi dengan memberikan penghargaan atau apresiasi ke pada orang sekitarnya.

Baca juga : Mengenal PT Unilever Indonesia

Dirinya juga mengakui lebih senang bila terdapat orang yang dapat melengkapi kekurangan dirinya dalam memimpin (CNBC Indonesia, 2019). 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline