Lihat ke Halaman Asli

IBNA ZULFA FADLURRAHMAN

أُطْلُبُوا الْعِلْمَ مِنَ الْمَهْدِ إِلَى الَّهْدِ

Belajar Bahasa Inggris Menjadi Lebih Mudah dan Sangat Menyenangkan

Diperbarui: 27 November 2021   18:35

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Di sekitar Sekolah sering kita jumpai siswa merasa kurang senang dan semangat dalam mempelajari bahasa Inggris karena cara penjelasan guru yang terlalu strukturalis. Dan itu membuat guru bahasa inggris di SD menjadi sulit untuk  menguasai teknik pembelajaran bahasa inggris sebagai bahasa asing kepada anak-anak, atau bisa jadi mereka sama sekali tidak memiliki latar belakang pendidikan bahasa Inggris untuk anak yang memadai.

Oleh karena itu, mengajarkan bahasa inggris kepada siswa SD harus menggunakan metode pembelajaran yang memiliki keunikan dan karakteristik tersendiri yang mana bisa mempengaruhi  suasana pembelajaran di dalam kelas. Diantara strategi metode mengajar bahasa inggris untuk anak-anak yang bisa dilakukan oleh para guru adalah menggunakan metode lagu.

Metode pembelajaran ini, merupakan suatu cara belajar melalui proses pengenalan lagu yang mengandung unsur bahasa dan pemahaman siswa dalam kegiatan kebahasaan. Yang mana dengan lagu tersebut siswa mampu menerapkan materi ajaran yang diterima oleh guru melalui proses pengenalan lagu dalam berkomunikasi.

Sebagai guru harus memperhatikan penggunaan lagu untuk prose belajar mengajar  bahasa Inggris yang efektif, diataranya; (1) tingkat kemampuan siswa dalam berbahasa Inggris, (2) jenis lagu bahasa Inggris, yang sesuai untuk digunakan sebagai media pembelajaran, agar pronunciationnya bagus dan lancar,  (3) tingkat  kesulitan  (kompleksitas bahasa)  yang  dikandung  dalam lagu. Berbagai macam  jenis  lagu  yang  bisa  kita  pakai  sesuai  kebutuhan bahasa inggris dalam sehari-hari. Seperti lagu The Wheels On The Bus, Head Sholders Knees and toes, If You Happy And You Know It dan  sebagainya.

Selanjutnya, sebelum guru memulai proses belajar mengajar dengan lagu populer, guru juga hendaknya melakukan hal-hal berikut:
1.Jelaskan keterampilan bahasa inggris yang dipelajari kepada siswa.
2.Berikan latihan keterampilan dasar kepada siswa dan diskusikan konsep bahasa inggris yang akan dipelajari.
3.Mengulang kembali pelajaran sebelumnya yang diperlukan sebagai prasyarat untuk mempelajari unsur atau keterampilan bahasa yang diajarkan kepada siswa.
4.Atur kondisi untuk mempelajari unsur atau keterampilan berbahasa inggris yang mengarah kepada kemampuan berkomunikasi.
5.Lakukan latihan tambahan yang disertai evaluasi kegiatan secara cepat dan umpan baliknya kepada siswa untuk peningkatan atau perbaikan dalam berbahasa Inggris.
6.Dalam mempelajari keterampilan berbahasa inggris yang baik dan lancar, guru perlu meminta siswa mengingat konsep bahasa inggris yang telah dikuasainya.
7.Latihan menggunakan bahasa inggris dalam berkomunikasi sebaiknya diberikan dalam kondisi yang sesuai dan tepat dengan pelaksanaan keterampilan dalam situasi sesungguhnya.

Setelah menerapkan konsep ini, diketahui bahwa siswa lebih mudah terhadap metode belajar dalam pembelajaran bahasa inggris dengan lagu yang populer. Lagu bisa menjadi sumber belajar yang menyenangkan dan lebih mudah bagi siswa. Karena Menggunakan buku teks saja tidak cukup memadai. Guru dituntut kreatif dalam menciptakan kegiatan-kegiatan kelas yang bisa menumbuhkan rasa senang anak terhadap bahasa Inggris agar pencapaian kemampuan bahasa inggris bisa lebih memuaskan.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline