Lihat ke Halaman Asli

Husnul khatimah

Mahasiswa universitas muhamadiyyah malang

Mahasiswa PMM UMM Melaksanakan Pembuatan Lilin Aroma Terapi Bersama Lansia di Panti Jompo KNDJH

Diperbarui: 29 November 2021   11:38

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri

Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang kelompok 13 melakukan kegiatan PMM atau program pengabdian masyarakat oleh mahasiswa di panti jompo KNDJH yang terletak di  Kedungkandang Kota Malang. Salah satu program yang dilaksanakan berupa kegiatan pembuatan lilin aromaterapi menggunakan aroma lavender yang dilakukan pada (28/11/2021) di panti lansia perempuan yang dihadiri oleh para lansia dan pengurus panti jompo KNDJH .

Kegiatan yang telah dilaksanakan tersebut  dilakukan langsung di depan para lansia perempuan supaya ada nya interaksi langsung antara mahasiswa dan  lansia , dan juga untuk melihat antusias dari para lansia menyimak penjelasan yang di sampaikan oleh perwakilan dari kelompok 13.dalam kegiatan tersebut kelompok 13 menunjukkan dan mejelaskan tiap bahan dan alat yang digunakan dalam proses pembuatan aromaterapi.

Kelompok 13 juga melakukan sharing   bersama para lansia di panti jompo KNDJH mengenai pembuatan aromaterapi. “ apakah lilin aromaterapi bisa mengurangi lalat ? “ ,tanya salah satu lansia di panti jompo KNDJH . Dan koordinator kelompok 13 memberikan beberapa informasi mengenai manfaat dan kegunaan dari aromaterapi lavender tersebut.

Pemilihan aromaterapi lavender sendiri  dipilih dikarenakan aroma lavender memiliki banyak manfaat. Diantaranya manfaat aroma lavender yaitu meningkatkan kualitas tidur, menghindari stress dan kecemasan, membantu meningkatkan suasana hati tenang. Berdasarkan penelitian juga aromaterapi lavender dapat mencegah serangga. Sehingga pembuatan aromaterapi lavender ini sangat berguna terutama untuk meningkatkan kualitas tidur pada lansia.

Dalam kegiatan ini kelompok 13 berharap agar pemberian aromaterapi ini memiliki efek yang baik bagi kesehatan dan memberikan kenyamanan bagi para lansia dan bisa terus diterapkan di panti jompo KNDJH.

Dokumen pribadi




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline