Lihat ke Halaman Asli

Hisyam IhsanMazaya

Mahasiswa Universitas Mulawarman : Jurusan Ilmu Pemerintahan

Pengertian Komunikasi Pemerintahan

Diperbarui: 13 Juli 2022   00:07

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

1. Komunikasi

Komunikasi merupakan media komunikasi yang berkaitan dengan satu orang dengan orang lainnya, suatu kelompok dengan individu dan warga negara dengan pemerintah (Waluyo, 2019). Secara umum, komunikasi berasal dari bahasa Latin "Communis" atau "common" dalam bahasa Inggris yang berarti sama. Sehingga, komunikasi diartikan sebagai suatu cara atau usaha untuk mencapai kesamaan makna untuk mendapatkan suatu gagasan atau sebuah informasi.

2. Pemerintah

Menurut Pamudji (19850), pemerintahan berasal dari kata "perintah" yang mengandung makna menyuruh, melaksanakan, dan melakukan suatu pekerjaan.

Pemerintahan berasal dari bahasa Inggris yaitu government yang diartikan sebagai "pemerintah". Sehingga dapat disimpulkan bahwa pemerintahan adalah suatu bada organisasi yang memiliki kewenangan dalam suatu negara, pemerintahan tersebut juga mempunyai kemampuan untuk memberikan pelayanan yang baik kepada berbagai pihak.

3. Komunikasi Pemerintahan

Menurut Malone (1997), komunikasi pemerintahan adalah komunikasi antar manusia (human communication) yang terjadi pada organisasi pemerintahan. 

Sehingga komunikasi pemerintahan tidak terlepas dari konteks komunikasi organisasi, dimana dalam penyampaian dan penerimaan informasi tidak terlepas dari adanya penyebaran ide-ide (sharing ideas), instruksi (instruction), atau perasaan-perasaan (feelings) yang berhubungan dengan tindakan dan kebijakan pemerintah.

Secara umum, komunikasi pemerintahan merupakan jalan keluar untuk mengatasi masalah dalam suatu pemerintahan dimana komunikasi pemerintahan merupakan sarana atau alat bagi pemerintah untuk menyampaikan atau menerima suatu informasi terkait dengan kebijakan pemerintahan.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline