Lihat ke Halaman Asli

Hilyana Alifia

Mahasiswa S1 Kesehatan Masyarakat Sekolah Ilmu Kesehatan dan Ilmu Alam Universitas Airlangga

Kembangkan Dunia Literasi: Mengenal Lebih Dekat Bookstagram

Diperbarui: 28 April 2023   22:59

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Postingan buku estetik - Sumber IG: @aurellie.reads

Apa itu bookstagram? Istilah bookstagram mungkin masih terdengar asing bagi sebagian orang, tapi tidak sedikit pula yang sudah mengetahui istilah ini. 

Bookstagram adalah akun instagram para pecinta buku untuk menyalurkan semangat membaca dan mengoleksi buku kepada dirinya sendiri maupun orang lain melalui postingan mereka. 

Aktifitas ini dapat berupa mereview buku, memberi ulasan, atau memposting foto atau video tentang buku yang ia baca. Biasanya akun-akun bookstagram akan tergabung dengan beberapa komunitas, dalam komunitas tersebut akan ada berbagai tantangan atau challenge seperti memotret buku dengan estetik, video reels, ulasan, target bacaan, memberi rekomendasi buku dan masih banyak lagi.

Dengan tergabung dalam komunitas bookstagram, para pecinta buku akan mendapat banyak manfaat, diantaranya mendapat banyak teman dengan kesamaan hobi, sharing seputar buku, juga tips dan trik dalam membaca maupun menulis. 

Dengan sering mereview buku akun bookstagram mereka akan lebih banyak dikenal dan membuka banyak kesempatan bookstagramer untuk bekerja sama dengan penulis dan juga penerbit. Selain memberi manfaat untuk akun bookstagram itu sendiri, kegiatan ini juga memberi dampak positif bagi orang lain. 

Sebelum membaca sebuah buku biasanya seseorang akan mencari ulasan tentang buku tersebut. Akun bookstagram sangat membantu dalam membangun semangat membaca terutama jika buku tersebut mendapat banyak ulasan baik. 

Jika buku sudah selesai dibaca, mereka bisa membaca buku lain  dengan melihat rekomendasi-rekomendasi buku yang cocok melalui postingan akun bookstagram.

Bagaimana? Apakah tertarik untuk menjadi bookstagramer? Berikut beberapa tips untuk menjadi bookstagramer yang baik!

Menjadi bookstagramer bukan hal yang sulit dan tidak perlu dipaksakan. Kegiatan ini adalah hobi yang dapat disalurkan sehingga suka-suka saja untuk melakukannya. 

Hal pertama yang harus dilakukan adalah membuat akun Instagram. Kemudian mulailah untuk memposting setidaknya satu foto tentang ulasan buku yang sudah anda baca.

  • Memposting foto dengan estetik. 
    • Semua kalangan akan menggemari estetika dalam foto. Untuk mendapatkan foto yang bagus anda bisa harus memastikan cahaya untuk setiap sudut foto sudah pas atau belum. Anda dapat memanfaatkan cahaya matahari pagi sekitar pukul 9 sampai dengan pukul 10 karena cahaya alami matahari akan memberi kesan lebih cerah dengan konsep natural. Gunakan background polos agar terlihat lebih netral. Anda juga bisa menambahkan beberapa properti dalam foto anda. Terakhir anda bisa memberi sedikit sentuhan dengan aplikasi edit foto untuk menambah kesan estetika.
  • Saling follow dengan akun bookstagram yang lain
    • Dengan berteman dengan akun bookstagram lain dapat menambah semangat anda dalam membuat konten tentang buku. Anda bisa mendapatkan inspirasi dari akun-akun lain yang mungkin saja baru anda ketahui.
  • Bergabung dengan komunitas bookstagram
    • Komunitas bookstagram tentunya sangat luas dan banyak. Ada beberapa komunitas yang dapat anda jadikan pilihan untuk ikut bergabung. Salah satunya adalah komunitas Bookstagram Indonesia. Kaum literasi tentunya sudah tidak asing dengan komunitas ini. Menariknya lagi komunitas ini kerap kali mengadakan event menarik atau challenge di setiap bulannya.
  • Aktif

Aktif yang dimaksud disini adalah aktif di sosial media terutama Instagram sebagai media utama bagi konten anda. Aktif membuat konten dan membagikan hal-hal positif seputar buku akan sangat membantu anda menjadi bookstagram yang bermanfaat bagi banyak orang. Dengan memiliki banyak postingan biasanya akun-akun lain akan  semakin tertarik setelah melihat tampilan feed instagram anda.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline