Lihat ke Halaman Asli

Heribertus SetyoHermawan

Hari Esok Raih Impian (HERI)

Alam sedang Mengajar

Diperbarui: 30 April 2022   18:56

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Humaniora. Sumber ilustrasi: PEXELS/San Fermin Pamplona

Alam sedang Mengajar

Cuaca yang tidak menentu tanda apakah ini. Ketika akan hujan biasanya ada tanda-tanda mendung, gerimis kecil, ada kilatan petir, dll. Hal itu pertanda akan hujan turun.

Bagaimana kalau tanda-tanda ada kumudian tidak hujan? Sebaliknya, tanpa tanda-tanda hujan sangat deras. Derasnya hujan tak ada tanda berhenti. Mungkin air di atas melimpah.

Saya tidak membahas dalam ranah keilmuan alam, tetapi melihat sudut keilmuan lain. Pandangan saya, alam sedang membuka kelas khusus bagi kita. Kelas yang mengajar kepada kita semua untuk merefleksikan peristiwa alam yang terkadang sulit di tebak oleh ilmu itu sendiri.

Inilah bukti keterbatasan manusia dengam keilmuannya. Alam sedang mengingatkan kepada kita untuk mencintai dan menjaga. Alam ini ada untuk seluruh makhluk di bumi. Alam ini untuk rumah bersama, bukan milik kaum yang merasa jadi 'raja'.

Alam berbicara tanpa kata-kata. Alam berbisik tanpa suara. Alam hadir dengan caranya sendiri untuk mengingatkan kepada setiap insan di bumi. Khususnya bagi mereka yang tahu akan ilmu dan pengetahuan berkewajiban menjadi fasilitator kelas alam yang sudah dibuka.

Begitulah ajakan alam yang sedang menyapa kepada pikiran dan hati yang sedang berkelana. Alam hadir untuk menjadi panggung kehidupan yang penuh sukacita, bahagia, bukan sebaliknya. Semoga!

Sidoarjo, 30 April 2022
Heribertus Setyo Hermawan




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline