Lihat ke Halaman Asli

AKIHensa

TERVERIFIKASI

Pensiunan dan sejak 4 Mei 2012 menjadi Kompasianer

Ini Kabar Terbaru Kompetisi Sepak Bola di Eropa

Diperbarui: 4 April 2020   12:17

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Presiden UEFA, Aleksander Ceferin (Foto Skysports.com)

"Tidak ada yang tahu kapan pandemi akan berakhir. Kami memiliki rencana A, B atau C untuk memulai kembali pada pertengahan Mei, pada Juni atau pada akhir Juni dan awal Juli.” Aleksander Ceferin

Asosiasi Sepakbola Eropa (UEFA), Asosiasi Klub Eropa (ECA) dan Liga Eropa (EL) telah menulis surat kepada semua 55 anggota asosiasi, termasuk klub dan liga. Mereka meminta agar para anggota asosiasi menyatukan tekad untuk menangani masalah yang berkembang dari pandemi Covid-19 ini. Pandemi coronavirus yang sudah membawa korban terbengkalainya semua kompetisi di Eropa.

Menurut Skysports.com (3/4/20), surat tersebut seperti yang dibeberkan oleh Sky Sports News, telah menegaskan bahwa asosiasi harus terus bekerja menuju dimulainya kembali musim mereka, ketika situasi pandemi coronavirus sudah dianggap aman.

Surat itu ditandatangani oleh presiden UEFA, Aleksander Ceferin, ketua ECA Andrea Agnelli dan presiden EL, Lars-Christer Olsson. Pada intinya juga dalam surat itu menyebutkan bahwa kesehatan masyarakat tetap menjadi prioritas utama.

Dalam pertemuan pada Rabu (1/4/20) dengan system virtual yang dipimpin oleh Presiden UEFA, tidak  ada asosiasi yang mengangkat masalah tentang pembatalan kompetisi pada musim ini.  Tetapi kabar terakhir menyebutkan bahwa Dewan Direksi di Liga Pro Jupiler Belgia telah merekomendasikan agar musim kompetisi mereka harus berakhir lebih cepat. Begitu pula beberapa klub di Belanda yang juga menyerukan untuk mengakhiri musim sebelum waktunya.

Namun dari hasil kesepakatan bersama, UEFA mendesak liga-liga domestic tidak memutuskan musim berakhir lebih cepat. Berharap sepakbola dimulai kembali kompetisinya pada bulan Juli nanti.

Begitu juga komperisi dilevel Liga Eropa telah didesak untuk tidak meninggalkan musim mereka, setelah para pejabat bekerja menuju rencana untuk melanjutkan kompetisi usai kegiatan domestic berakhir.

Sebelumnya Presiden UEFA, Aleksander Ceferin mengakui bahwa musim sepakbola di Eropa mungkin saja berakhir jika itu tidak dimulai lagi paling lambat akhir Juni atau awal Juli ini.

Untuk menjaga hal tersebut maka Badan sepak bola Eropa telah membentuk satuan tugas untuk menyusun kalender potensial. Diharapkan kalender rencana aksi ini nantinya untuk diikuti oleh anggota federasi di masing-masing Negara.

Menurut Ceferin seperti dilatakannya kepada Skysports.com (28/3/20), ada beberapa skenario untuk dipertimbangkan. Walaupun ia tidak dapat memastikan keemungkinkan untuk mengakhiri musim saat ini.  Hal ini karena segalanya selalu  tergantung pada bagaimana pandemi akan berakhir.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline