Lihat ke Halaman Asli

hanip rahman

hanip rahman

Pemuda PERSIS Jatinangor Gagas Pesantren Ramadan 1440 H Selama Dua Pekan

Diperbarui: 24 Mei 2019   15:43

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bandung (Barendo.Times), Jum'at (24/05/2019) - Pemuda PERSIS Jatinangor menyelenggarakan Pesantren Ramadan 1440 H selama dua pekan. Mereka bekerja sama dengan Madrasah Diniyah Awaliyah Thosin Jatinangor. Hal itu dimaksudkan agar lebih banyak mengisi waktu Ramadan dengan kegiatan yang bermanfaat. Pesantren Ramadan 1440 H tersebut berlangsung tanggal 9 sampai 26 Mei 2019 di Madrasah Thosin, Jalan Raya Cipacing KM. 20, Jatinangor.

Ketua Pelaksana, Egi Eka mengatakan kebanyakan Pesantren Ramadan paling lama satu pekan, karena namanya pesantren kilat.

"Kalau ditempat lain itu namanya pesantren kilat, dan biasanya itu paling lama satu pekan," kata Egi saat diwawancara Barendo.Times, Bandung, Kamis (23/05/2019) malam.

Ia menambahkan, kegiatan ini berbeda sebab namanya Pesantren Ramadan, yang artinya setengah Ramadan diisi oleh kegiatan yang bermanfaat. Contohnya kegiatan belajar mengajar.

"Sedangkan disini namanya Pesantren Ramadan. Yaitu, setengah dari bulan Ramadan diisi dengan kegiatan belajar agar peserta dapat menambah wawasan keilmuan," tambahnya.

Sebanyak 70 peserta mengikuti kegiatan Pesantren Ramadan 1440 H dengan jenjang pendidikan yang berbeda. Karenanya, Egi mengelompokkan peserta kedalam beberapa kelas. Antara lain, Kelas A ditempati oleh peserta PAUD sampai kelas II SD, kelas B ditempati kelas III sampai VI SD, dan kelas C oleh peserta SMP sampai SMA.

Pengelompokkan tersebut dimaksudkan agar proses belajar mengajar lebih mudah dan efektif. Sehingga, pengajar bisa menyampaikan materi dengan baik, dan peserta pun dapat leluasa untuk menerima materi yang disampaikan.

A Egi sapaan akrabnya, juga memberikan materi keagamaan dalam Pesantren Ramadan 1440 H. Dalam kegiatan tersebut dibahas tentang dasar-dasar keagamaan. Seperti, Tahfidz, Tahsin, Hadits, Fiqih, dan Tariqh.

"Yang diajarkan dalam Pesantren Ramadan ini, yaitu mata pelajaran agama Islam. Seperti Tahfidz, Tahsin, Hadits, Doa-doa, Fiqih, dan Tariqh," ujarnya.

lzmv9988-jpg-5ce7ac003ba7f712010ee9f2.jpg

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline