Lihat ke Halaman Asli

Kompasianer METTASIK

TERVERIFIKASI

Menulis itu Asyik, Berbagi Kebahagiaan dengan Cara Unik

Handuk dan Perilaku Keseharian

Diperbarui: 8 Agustus 2022   06:55

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Handuk dan Perilaku Keseharian (gambar: nypost.com, diolah pribadi)

Siapakah yang tidak mengenal handuk untuk mandi? Yang selalu dipergunakan setelah selesai mandi. Membiarkan air menguap dengan sendirinya akan membuat kulit menjadi kering.

Air di permukaan kulit yang kering dengan sendirinya menyebabkan kelembapan, kulit ikut tertarik dan menguap bersamaan dengan air di permukaan kulit. Handuk akan berperan mengusap kulit secara perlahan dan kulit akan kering. Tentunya kita akan merasa segar.

Untuk itu, jenis handuk yang dipergunakan harus mudah menyerap air dan nyaman dipakai juga. Konon, handuk pun ada sejarahnya juga dan hari handuk sedunia itu jatuh setiap tanggal 25 Mei.

Pernahkah terpikir oleh kita, dalam menggunakan handuk senantiasa semua bagian terpakai? Kita tidak akan ingat bagian mana yang pernah dipakai untuk muka, telinga, kepala, tangan, dan bahkan kaki.

Handuk mandi akan digunakan untuk seluruh badan, tanpa ditandai untuk mengeringkan bagian mana saja. Karena itu, sehari-hari pasti sangat penting menghargai handuk dan menjaga tetap bersih.

Jarang sekali dalam rumah tangga, handuk mandi hanya digunakan sekali pakai kemudian di cuci. Mencuci handuk biasanya dilakukan setelah kita memakainya beberapa kali. Tetapi, harus rajin menjemur ya, supaya bakteri tidak berkembang biak dan bersarang pada handuk.

Ada pelajaran penting yang bisa dipetik dari handuk. Memang, membersihkan badan jasmani merupakan hal penting, namun ada hal lainnya yang juga harus diperhatikan secara rutin.

Pikiran harus dibersihkan dari hal-hal negatif. Senantiasa dijaga dari hal-hal yang kotor. Karena semua indra dapat melakukan baik yang positif maupun negatif sesuka pemiliknya. Maka indra harus benar-benar terjaga, jangan sampai melakukan hal-hal negatif.

Persis seperti memperlakukan handuk mandi agar tetap bersih.

Dalam Anggutara Nikaya 4.164: Pahamakhama Sutta dikatakan ada empat cara berperilaku, yaitu cara tidak sabar, sabar, menjinakkan, dan menenangkan.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline