Lihat ke Halaman Asli

Grace Paramitha

Communication Student

Seberapa Pentingkah Menulis Digital?

Diperbarui: 30 Agustus 2020   00:25

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

legalitaskita.id

Kehidupan manusia dipenuhi dengan tulisan. Kita dapat dengan mudah menemukan tulisan di mana saja. Di pagi hari, biasanya kita akan membaca koran atau buku yang berisi tulisan, kemudian menonton televisi yang sedang memberitakan sebuah peristiwa dan terdapat juga tulisan di dalamnya.

Berangkat ke kantor dan melihat banyak tulisan di sepanjang jalan, seperti tulisan "lurus jalan terus" atau "belok kiri ikuti isyarat lampu lalu lintas" yang biasanya terdapat di bawah lampu lalu lintas.

Saat memasuki sebuah toserba untuk membeli keperluan sehari-hari, kita dapat melihat berbagai macam produk dan terdapat tulisan di dalam kemasannya. Saat makan di sebuah restoran atau meeting di sebuah coffee shop, menu yang ditawarkan juga menggunakan tulisan sehingga lebih memudahkan pelanggan dalam memilih menu.

Selain itu, sehari-hari kita terbiasa menggunakan uang untuk bertransaksi, terdapat juga tulisan di dalam uang lembaran maupun uang berbentuk koin.

Tulisan merupakan salah satu bentuk komunikasi. Manusia sebagai makhluk sosial memerlukan adanya tulis-menulis untuk dapat berkomunikasi dengan orang lain, maka dari itu sejak kecil kita sudah diperkenalkan dengan huruf atau alfabet dan diajarkan bagaimana caranya menulis.

Kita melakukan banyak sekali kegiatan menulis dalam kehidupan sehari-hari, seperti contohnya menulis catatan harian di dalam buku, menulis nota, menulis jawaban ujian, dan bahkan menulis surat cinta untuk orang yang disukai.

Seiring berjalannya waktu, teknologi semakin berkembang. Dunia semakin maju dengan adanya teknologi-teknologi yang canggih. Kemajuan teknologi yang pesat juga menyebabkan terjadinya perubahan dalam cara menulis.

Di jaman awal mengenal tulisan, manusia menulis di atas batu-batu, tulang, atau daun lontar. Kemudian manusia mulai mengenal kertas dan menulis di atas kertas. Pada tahun 1800-an mulai mengenal adanya mesin tik atau mesin ketik dan mulai menulis menggunakan mesin tik.

Saat ini, tidak perlu adanya batu, mesin tik, atau kertas, kita dapat dengan mudah menulis menggunakan handphone atau komputer. Menulis dengan menggunakan handphone atau komputer tidak lagi menggerakan tangan namun cukup menekan tombol-tombol keyboard. 

Di era digital seperti saat ini, manusia banyak sekali melakukan kegiatan menulis digital seperti menulis blog, mengirim pesan teks atau mengirim email, menulis status di media sosial, memberi komentar pada unggahan orang lain di media sosial, dan masih banyak lainnya.

Jaman dahulu sebelum adanya teknologi seperti internet, mengirim pesan jarak jauh harus menggunakan surat dan memerlukan waktu yang tidak sebentar, selain itu perlu untuk menuliskan pesan yang akan disampaikan di atas sebuah kertas.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline