Lihat ke Halaman Asli

Gatot Tri

TERVERIFIKASI

Swasta

Promo Holywings yang Bikin Pening

Diperbarui: 28 Juni 2022   09:31

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Salah satu outlet Holywings di kawasan Kemang, Jakarta Selatan. (sumberr foto: Kompas.com / Satpol PP)

Baru-baru ini kita mendengar sebuah isu baru. Sebuah gerai bar/restoran terkenal Holywings memberikan promo gratis minuman beralkohol spesial untuk konsumen dengan nama Muhammad dan Maria.

Promo tersebut segera menuai kecaman dari berbagai pihak. Beberapa organisasi bernafaskan religi pun merasa gusar dengan even promo tersebut.

Holywings dinilai telah melakukan penistaan agama terkiat promo tersebut. Pihak Holywings buru-buru mencopot kabar promo tersebut dari media sosialnya dan membuat surat permintaan maaf. Namun belakangan ada tuntutan bahwa restoran tersebut harus ditutup.

Pihak kepolisian pun segera bergerak cepat. Sejumlah staf restoran telah ditahan. Selain itu, polisi juga menyita sejumlah barang bukti antara lain tangkapan layar iklan promo, komputer, laptop dan ponsel. Polisi bertindak cepat agar kasus ini tidak semakin meluas.  

Dilansir dari Kompas.com, promo tersebut dilakukan oleh outlet restoran tersebut karena target penjualanya  di bawah 60 persen. Sayangnya, niat awal ingin promosi demi mendulang cuan malah mendapat kecaman.

Kabar dari SuaraJakarta, pihak restoran memutuskan untuk menutup sementara seluruh gerainya di Indonesia. Langkah Holywings yang sahamnya dimiliki oleh sejumlah figur terkenal tanah air itu rasanya sudah tepat. Hal ini untuk menghindari potensi eskalasi kegusaran masyarakat yag semakin berlipat.

Strategi yang menuai kontroversi

Sebenarnya promo yang dilakukan Holywings boleh juga, terlepas dari produk minuman beralkohol gratisan yang ditawarkan. Orang-orang yang menggemari minuman tersebut pasti akan senang dan bahagia meskipun ada syarat dan ketentuan yang berlakunya.

Dalam dunia bisnis, suatu produk atau jasa tertentu dipasarkan lewat sejumlah strategi marketing atau pemasaran. Akan tetapi, tidak semua strategi pemasaran berbuah manis. Ada yang berdampak pada meningkatnya penjualan produk atau jasa secara signifikan, tetapi ada pula yang tidak berdampak apa-apa.

Sebelum tim pemasaran merumuskan strategi pemasaran, biasanya mereka melakukan riset terlebih dahulu. Dalam konteks Holywings yang sedang heboh ini, konsumen mereka tentunya sudah terdefinisi.

Ini karena taget pasarnya cukup segmented, yaitu penggemar minuman beralkohol yang sudah pasti harus berusia minimal 21 tahun. Karena penjualan sejumlah outlet bar/restoran tersebut belum mencapai 60 persen, mereka harus melakukan sesuatu untuk meningkatkan penjualan.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline