Lihat ke Halaman Asli

Gatot Tri

TERVERIFIKASI

Swasta

Mengulas "Gramedia Boom Sale" dan "Big Bad Wolf Surabaya 2018", Dua Pesta Buku Besar yang Hadir Serempak

Diperbarui: 3 Oktober 2018   12:14

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pameran buku dibuka 280 jam nonstop dengan 2,5 juta buku yang dipamerkan di Surabaya (KOMPAS.com/Achmad Faizal)

Dua minggu terakhir ini saya merasa bersuka cita karena ada dua bursa buku besar di Jawa Timur, yaitu Gramedia Boom Sale (GBS) di kawasan industri Berbek, Sidoarjo yang diadakan pada 17 hingga 30 September 2018 dan Big Bad Wolf (BBW) Surabaya 2018 yang diadakan tanggal 27 September hingga 8 Oktober 2018. 

Kedua bursa buku tersebut sempat saya kunjungi pada dua weekend terakhir. Kalau GBS hampir 100% menyediakan buku-buku berbahasa Indonesia, BBW menawarkan buku-buku mayoritas berbahasa Inggris, bahasa Indonesia dan bahasa Mandarin. Penikmat buku tinggal memilih saja atau bisa mengunjungi keduanya karena masing-masing even memiliki ambience atau suasana yang berbeda.

Gramedia Boom Sale, serba murah yang saking ramainya sampai diadakan dua kali

Untuk even GBS terus terang baru pertama kalinya saya mengunjunginya. Pada penyelenggaraan sebelumnya saya tidak sempat mengunjunginya. Nah, di hari Sabtu yang lumayan cerah pada 22 September 2018 lalu, berbekal Google Maps, walaupun sempat nyasar pada akhirnya saya menapakkan kaki pertama kalinya di Warehouse Gramedia yang berlokasi di Jl. Berbek Industri II, Waru, Sidoarjo (koordinat: -7.341466, 112.762631).

Suasana Gramedia Boom Sale. (sumber: instagram.com/gramediaboomsale/)

Venue GBS di Warehouse Gramedia terletak di dalam kawasan industri. Para penikmat buku yang ingin ke sana sebaiknya menggunakan kendaraan pribadi atau menggunakan transportasi online. Tidak ada satu pun angkot yang melewati area tersebut. Meski terletak di kawasan industri, suasana di dalam kawasan tersebut hijau dan bersih. Banyak pepohonan rindang di sepanjang jalan.

Sebagai informasi, semua buku-buku yang dijual di GBS adalah terbitan Kelompok Gramedia antara lain: Gramedia Pustaka Utama, Grasindo, Penerbit Buku Kompas, Elex Media Komputindo dan Bhuana Ilmu Populer. Diskon yang ditawarkan di GBS sungguh memikat. Harga buku hanya ada tiga macam yaitu Rp 10.000, Rp 20.000 dan Rp 30.000 rupiah. Bahkan untuk komik harga Rp 10.000 bisa mendapat 6 buku atau pada waktu tertentu bisa dibanting hingga Rp 1.000 saja per komik!

Buku-bukunya cukup variatif walaupun tidak ada buku-buku baru (ya iyalah, buku-buku baru masih dipajang di toko buku-toko bukunya. Hehe). Area buku anak dipisahkan dengan area buku remaja dan dewasa yang diletakkan di ujung warehouse agar anak-anak leluasa memilih buku-buku yang mereka sukai.

GBS seharusnya telah berakhir 30 September 2018 lalu. Namun kabar terakhir yang tersiar lewat akun Instagram @gramediaboomsale, even ini diadakan kembali pada 2 hingga 10 Oktober 2018. Wah, kabar menggembirakan buat para bookworms tanah air. Saya pun lompat-lompat kegirangan, tapi dalam hati saja. Hehe.

Saya mohon maaf pada tulisan ini tidak banyak mengulas tentang GBS karena saya tidak lama di situ, kira-kira 1,5 jam saja. Suasana warehouse waktu itu dipenuhi lumayan banyak pengunjung yang memilih buku-buku. Ruangan terasa agak gerah walau ada sejumlah kipas angin. Makin siang pengunjung semakin banyak yang berdatangan. Bila ingin mengetahui suasana even GBS, silakan melihat tayangan video singkat lewat tautan ini.

Bagi saya yang tidak tahan gerah, baju saya pun segera basah oleh keringat. Demikian juga peluh di kepala dan kedua tangan saya bercucuran deras. Karena kondisi saya yang sangat tidak layak untuk berbaur dengan banyak orang dalam satu ruangan, akhirnya saya memutuskan menghentikan kunjungan saya dan segera menuju kasir.

Tapi di even GBS ini saya lumayan terkesan dengan cara kru menghebohkan suasana di tengah pengunjung GBS sedang serius memilih buku. Salah seorang kru GBS membawa sebuah troli besar penuh buku yang tertutup pembungkus kertas keluar dari area warehouse sambil berteriak "Baru, baru, baru...", dan seketika pengunjung mengerubuti troli itu, meraup buku-buku secara dengan tangkasnya hingga ludes tak bersisa. Video rebutan buku bisa dilihat di tautan ini.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline