Lihat ke Halaman Asli

Firmansyah Arowana

Aparatur Sipil Negara

SEA Games dan Persepsi Tuan Rumah Pasti Juara Umum

Diperbarui: 9 Desember 2019   17:58

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Peringkat negara-negara ASEAN dalam Penyelenggaraan Sea Games 6 Tahun Terakhir, Sumber Wikipedia

Saat ini pesta olahraga negara-negara Asia Tenggara ke-30 masih berlangsung di Filipina. Sebelum bernama Sea Games dahulunya pesta olahraga tersebut dinamakan Pesta Olahraga Semenanjung Asia Tenggara (Southeast Asian Peninsular Games) disingkat SEAP Games.

Ajang ini pertama kali dicetuskan Thailand dengan tujuan untuk mengeratkan kerja sama, pemahaman dan hubungan antar negara di kawasan semenanjung Asia Tenggara dan pertama diadakan di Bangkok tahun 1959, diikuti oleh lebih dari 527 atlet dan panitia dari negara peserta seperti Thailand, Burma sekarang Myanmar, Malaysia, Laos, Vietnam dan Kamboja yang berlaga dalam 12 cabang olahraga (Wikipedia,akses 2019).

Keikutsertaan Indonesia sendiri baru pada tahun 1977 dan di tahun yang sama SEAP Games resmi berganti nama menjadi Sea Games (Southeast Asian Games) dibawah pengawasan dari IOC (International Olympic Committee) dan OCA (Olympic Council of Asia). Saat ini jumlah negara peserta Sea Games sudah terdiri dari 11 negara Asia Tenggara (Wikipedia,akses 2019).

Di tahun 2019 ini Sea Games yang ke-30 diselenggarakan di kota Manila, Filipina pada tanggal 30 November hingga 11 Desember 2019 dengan 56 cabang olahraga. Total perolehan medali terbaru telah menempatkan sang tuan rumah pada urutan pertama.

Semenjak perhelatannya pada hari pertama sampai hari ini perubahan peringkat hanya terjadi pada peringkat kedua ke bawah.

Hal ini sepertinya juga akan tetap berlangsung sampai berakhirnya Sea Games pada tanggal 11 Desember 2019 nanti dimana sang tuan rumah Filipina kemungkinan besar akan menjadi juara umum.

Sedikit kejutan tentunya jika Filipina dapat menjadi juara umum mengingat secara tradisi Filipina bukanlah sebuah negara kuat di ajang Sea Games, tercatat Filipina hanya satu kali menjadi juara umum Sea Games pada tahun 2005.

Dari 6 kali penyelenggaraan Sea Games terakhir Filipina selalu kalah dari negara-negara big five seperti Thailand, Indonesia, Vietnam, Malaysia, Singapura.

Indonesia sendiri selama penyelenggaraannya sudah 10 kali menjadi juara umum masih kalah dengan Thailand pemegang rekor terbanyak peraih gelar juara umum dengan 13 kali.

Peringkat negara-negara ASEAN dalam Penyelenggaraan Sea Games 6 Tahun Terakhir, Sumber Wikipedia

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline