Lihat ke Halaman Asli

Abon Kepiting Balikpapan

Diperbarui: 26 Juni 2015   17:51

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Abon Kepiting

Kepiting yang menjadi kekayaan laut Kota Balikpapan - Kalimantan Timur, tidak hanya bisa diolah menjadi beraneka ragam makanan. Kepiting pun ternyata bisa menjadi Abon yang sedap disantap. Kini, Abon Kepiting sudah termasuk oleh-oleh khas Balikpapan, yang 'wajib' dibeli bagi penggemar makanan.

[caption id="" align="alignleft" width="400" caption="Abon Kepiting "][/caption] Kepiting yang menjadi kekayaan laut Kota Balikpapan - Kalimantan Timur, tidak hanya bisa diolah menjadi beraneka ragam makanan. Kepiting pun ternyata bisa menjadi Abon yang sedap disantap. Kini, Abon Kepiting sudah termasuk oleh-oleh khas Balikpapan, yang 'wajib' dibeli bagi penggemar makanan. Anda melancong ke Balikpapan dan perlu oleh-oleh untuk kerabat atau teman, kini, bisa memberikan hal yang berbeda. Penganan berbahan baku daging Kepiting ini memang masih baru. Cara membuat Abon Kepiting tidak terlalu sulit. Pertama, Kepiting yang baru ditangkap, direbus hingga masak. Setelah itu, daging Kepiting dipisahkan dari cangkang dan capitnya. Selanjutnya daging Kepiting dihancurkan dan dimasak dengan adonan bumbu-bumbu, di antaranya bawang putih, bawang merah, santan serta rempah-rempah. Lalu daging Kepiting itu digoreng. Abon Kepiting mengandung protein tinggi dengan rasa enak dan gurih, kini pun telah dipasarkan ke sejumlah kota besar di Indonesia. Tidak jarang sejumlah turis asing membeli Abon Kepiting sebagai buah tangan ke untuk diberikan kepada keluarga dinegerinya.

Anda melancong ke Balikpapan dan perlu oleh-oleh untuk kerabat atau teman, kini, bisa memberikan hal yang berbeda. Penganan berbahan baku daging Kepiting ini memang masih baru.

Cara membuat Abon Kepiting tidak terlalu sulit. Pertama, Kepiting yang baru ditangkap, direbus hingga masak. Setelah itu, daging Kepiting dipisahkan dari cangkang dan capitnya. Selanjutnya daging Kepiting dihancurkan dan dimasak dengan adonan bumbu-bumbu, di antaranya bawang putih, bawang merah, santan serta rempah-rempah. Lalu daging Kepiting itu digoreng.

Abon Kepiting mengandung protein tinggi dengan rasa enak dan gurih, kini pun telah dipasarkan ke sejumlah kota besar di Indonesia. Tidak jarang sejumlah turis asing membeli Abon Kepiting sebagai buah tangan ke untuk diberikan kepada keluarga dinegerinya.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline