Lihat ke Halaman Asli

Freema H. Widiasena

Cuman nulis ngasal ngawur abal-abal. Jangan pernah percaya tulisan saya.

Biem dengan Bujet 100 Jutaan

Diperbarui: 8 September 2019   03:13

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Otomotif. Sumber ilustrasi: FREEPIK

Lik Freema, biem apa yang sangat cocok untuk saya yang super nubie dengan budget 100-180jt, dipake buat harian, tiap dua bulan ke luar kota jarak 150-200 km, dan biaya maintenisnya pas di saku pegawai swasta?

Mohon sarannya lik, trimakasih.

- Alfred

Budget segitu sebenarnya lumayan melimpah ruah untuk menebus biem lama, yang kita hanya berfokus pada fungsionalitasnya dan enggak merekuiremen/mempersyaratkan harus model tertentu.

Dengan budget segitu, sebenarnya sudah cukup untuk nenebus sebuah E60 atau E90.

Namun berdasarkan rekuiremen di atas, yakni:

  • Nyubie, artinya biem yang dipilih harus memaktub teknologi yang jangan terlalu mutakhir sehingga masih bisa dirawat di bengkel spesialis biem level (maaf) pasaran/level kedua.
  • Dipakai buat harian, yang artinya konsumsi bahan bakar jangan terlalu boros, maka biem dengan mesin V8 akan saya coret dari pertimbangan dalam hal ini. Biar empat atau maksimal enam silinder saja pilihannya.
  • Dipakai juga untuk ke luar kota, sehingga kenyamanan juga tidak boleh dikesampingkan begitu saja.
  • Dan maintenis dengan budget ala pegawai, bukan bos wal juragan.

Berdasarkan kriteria di atas, saya menyarankan dua pilihan saja:

  • Jika suka nyantai, pilihlah E46 318i dengan mesin M43, bukan N42. Memble? Iya kalau kata speed-lover. Namun sememble-memblenya E46 dengan M43TU rasanya ya enteng aja buat cruising di kecepatan maksimal jalan tol.

    E46 M43TU ini kondang dengan maintenisnya yang murmer untuk kelas E46. N42/N46 banyak yang bilang enggak masalah koq buat dipiara. Namun saya khawatir di bengkel spesialis yang (maaf) 2nd layer nanti masih kerepotan untuk menangani mesin ini.

  • Jika demen bejek gas, pilihlah E46 325i. Boleh yang facelift ataupun pre-facelift. Ini cuman masalah tampang dan ini sudah menyangkut selera yang sifatnya subyektif dan enggak bisa diperdebatkan. Namun jika saya pribadi boleh mengutarakan selera saya dalam konteks ini: ambil yang facelift dan generasi terakhir. Karena sudah full-option: pakai setir M-Tech dengan multifunction button dan jok elektrik.

    Lebih keren lagi jika ada E46 330i yang kebetuan dijual dengan harga masuk range anggaran, misalnya dijual pada 150jt (jangan dihabiskan itu 180 jutanya, selalu sisakan buat benah-benah awal). Ini akan jauh lebih ciamik lagi.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline