Lihat ke Halaman Asli

Filma Dewi Lukito

See The World By Writing

Khas! Ini Cara Tirto Memberi Informasi

Diperbarui: 26 Oktober 2020   12:05

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Media Berita Tirto.id

Ada "sesuatu" yang berbeda bila kamu membuka laman Tirto, si media berita online. Tak boros ruang, padat isi, dan mudah disebarkan menjadi sifat yang relatif melekat pada "sesuatu" itu.

Ya! "sesuatu" itu adalah infografik pada konten berita Tirto.

Infografik sebagai Jurnalisme Visual

Infografik merupakan jenis jurnalisme visual yang memadukan tulisan dengan desain visual yang dominan.

Gabungan kata "informasi" dan juga "grafik" berpengertian sebagai data informasi yang direpresentasi lewat grafik. Tak hanya menampilkan data kuantitatif, sangat mungkin apabila infografik dapat merepresentasikan informasi apapun bentuknya. Seperti ringkasan atau pokok dari hal-hal menarik (Anggoro, 2018)

Tampilan visual yang formatnya menarik dan mudah dipahami, infografik dapat disajikan dalam jumlah besar ke pada warganet.

Secara maksimal, infografik dapat menjadi opsi bagi mereka yang tidak suka membaca keseluruhan tulisan dan cocok sekali bagi karakteristik "people zaman now" dalam kesenangannya mengonsumsi berita yang ringkas dan cepat dipahami.

Selain dapat secara efektif lebih mudah dipahami, infografik menjadi bentuk pelayanan terhadap kelompok khusus seperti pembaca bahasa asing dan penderita disleksia.

Infografik, Populer di Media Sosial

Dipandang sekilas dan utama dalam aspek visual, infografik memperoleh kepopuleran di media sosial. Bagi pembaca mutakhir, infografik menjadi bagian yang modern, interaktif, dan hidup.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline