Lihat ke Halaman Asli

Fenni Bungsu

Suka menulis

Stres "Zaman Now"? Hindari dengan Cara Ini

Diperbarui: 14 Februari 2018   13:36

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilustrasi: Shutterstock

"Stres" merupakan satu kata yang acap kali dilontarkan saat mengalami sesuatu yang tidak menyenangkan ataupun mendapat tekanan. Hal tersebut bisa menimpa siapa saja, tidak mengenal usia, jenis kelamin, maupun latar belakang pendidikan. 

Jika menengok pada Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), stress berarti gangguan atau kekacauan mental dan emosional yang disebabkan oleh faktor luar; ketegangan.

Jadi dapat disimpulkan, bahwa seseorang yang mengalami stres mentalnya akan sedikit terganggu karena terus memikirkannya, dan faktor luar dapat menjadi penyebabnya, seperti tekanan pekerjaan atau tugas sekolah, kendala menuju lokasi kerja, dan lain-lain. Bila stres tidak ditangani dan dihindari tentunya akan berakibat buruk bagi kesehatan Anda. Untuk menghindari stres jaman now, ada tipsnya nih untuk Anda.

1. Lakukan Hobi

Hobi menjadi salah satu senjata yang ampuh untuk menghindari stres. Anda dapat meluangkan waktu sejenak dari rutinitas dengan melakukan aktivitas yang digemari misalnya bermain games, membaca, bernyanyi, mendengarkan musik, memancing, atau pun menulis.

2. Atur Pola Makan

Ada yang ketika dihinggapi stres nafsu makan menjadi kurang, tapi ada pula yang tidak terkendali. Untuk itu Anda dapat merileksasikan pikiran dengan tenang mengatur napas kemudian tersenyum. Lalu jangan lupa untuk berdoa sebelum makan sehingga pola makan Anda tetap terjaga dengan baik.

3. Bersikap Bijak di Medsos

Media sosial (medsos) bukan lagi sesuatu yang baru saat ini. Orang-orang dengan mudahnya mengekspresikan diri dalam hal apa saja melalui medsos, sehingga terkadang dengan mudah pula menimbulkan stres. Alangkah baiknya untuk tidak membuat hujatan ataupun saling menghujat. Sikapi dengan bijaksana bahwa medsos merupakan media untuk bersilahturrahmi dan saling memberikan manfaat.

4. Olahraga

Lakukan olahraga minimal yang sederhana misalnya yoga, jogging, ataupun berjalan kaki. Ini bukan saja menjadikan diri Anda lebih sehat, tapi sekaligus meningkatkan suasana hati lebih segar dan ceria.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline