Fenni Bungsu
Fenni Bungsu Blogger, Tutor, Buzzer

#SemangatCiee Blogspot: www.fennibungsu86.blogspot.com Segala sesuatu dimulai dari awal dan bertemu pada titik akhir

Selanjutnya

Tutup

Gayahidup Pilihan

Stres "Zaman Now"? Hindari dengan Cara Ini

14 Februari 2018   12:49 Diperbarui: 14 Februari 2018   13:36 418 3 3
Stres "Zaman Now"? Hindari dengan Cara Ini
Ilustrasi: Shutterstock

"Stres" merupakan satu kata yang acap kali dilontarkan saat mengalami sesuatu yang tidak menyenangkan ataupun mendapat tekanan. Hal tersebut bisa menimpa siapa saja, tidak mengenal usia, jenis kelamin, maupun latar belakang pendidikan. 

Jika menengok pada Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), stress berarti gangguan atau kekacauan mental dan emosional yang disebabkan oleh faktor luar; ketegangan.

Jadi dapat disimpulkan, bahwa seseorang yang mengalami stres mentalnya akan sedikit terganggu karena terus memikirkannya, dan faktor luar dapat menjadi penyebabnya, seperti tekanan pekerjaan atau tugas sekolah, kendala menuju lokasi kerja, dan lain-lain. Bila stres tidak ditangani dan dihindari tentunya akan berakibat buruk bagi kesehatan Anda. Untuk menghindari stres jaman now, ada tipsnya nih untuk Anda.

1. Lakukan Hobi

Hobi menjadi salah satu senjata yang ampuh untuk menghindari stres. Anda dapat meluangkan waktu sejenak dari rutinitas dengan melakukan aktivitas yang digemari misalnya bermain games, membaca, bernyanyi, mendengarkan musik, memancing, atau pun menulis.

2. Atur Pola Makan

Ada yang ketika dihinggapi stres nafsu makan menjadi kurang, tapi ada pula yang tidak terkendali. Untuk itu Anda dapat merileksasikan pikiran dengan tenang mengatur napas kemudian tersenyum. Lalu jangan lupa untuk berdoa sebelum makan sehingga pola makan Anda tetap terjaga dengan baik.

3. Bersikap Bijak di Medsos

Media sosial (medsos) bukan lagi sesuatu yang baru saat ini. Orang-orang dengan mudahnya mengekspresikan diri dalam hal apa saja melalui medsos, sehingga terkadang dengan mudah pula menimbulkan stres. Alangkah baiknya untuk tidak membuat hujatan ataupun saling menghujat. Sikapi dengan bijaksana bahwa medsos merupakan media untuk bersilahturrahmi dan saling memberikan manfaat.

4. Olahraga

Lakukan olahraga minimal yang sederhana misalnya yoga, jogging, ataupun berjalan kaki. Ini bukan saja menjadikan diri Anda lebih sehat, tapi sekaligus meningkatkan suasana hati lebih segar dan ceria.

Image from Pixabay
Image from Pixabay

5. Cukup Beristirahat

Pastikan untuk tetap menjaga kualitas tidur malam Anda, sekitar tujuh hingga delapan jam. Manfaatnya sangat besar dirasakan, karena jika waktu tidur Anda kurang, tentunya stres tidak dapat terhindarkan.

6. Ubah Mindset

Ubah cara pandang, misalnya kemacetan saat berangkat atau pulang kerja bukanlah suatu masalah, karena itu adalah seninya bertransportasi. Hal itu bisa berdampak baik, karena mindset Anda terhadap sesuatu yang menyebabkan stress diubah menjadi pemikiran yang positif.

Semoga tips di atas bisa bermanfaat dan tentunya untuk tetap selalu menjaga kesehatan diri Anda. Jangan lupa untuk tetap #SemangatCiee .