Lihat ke Halaman Asli

Apa yang Dimaksud dengan Investasi?

Diperbarui: 14 Oktober 2022   11:29

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Finansial. Sumber ilustrasi: PEXELS/Stevepb

Investasi adalah salah satu faktor strategi dalam kegiatan perekonomian. Investasi juga bisa disebut dengan penanaman modal.

Investasi merupakan aktivitas penanaman uang atau modal bisa di sebut dengan aset berharga bertujuan memperoleh keuntungan. pihak atau orang yang melakukan investasi disebut investor.

Dikutip dari buku 'dasar-dasar manajemen' investasi karya nila Firdausi nazula dan Ferina Nurlaily, dalam pengertian lain investor adalah pihak yang melakukan investasi dengan membeli aset keuangan dan mengharapkan kenaikan harga pada saat ia akan menjual asetnya. Investor digolongkan menjadi dua, yaitu investor individual dan investor institusional yang biasa terdiri dari badan, perusahaan, maupun lembaga.

Pengertian investasi               

Berikut ini adalah investasi menurut beberapa ahli dan lembaganya

  • Menurut Reilly dan Brown

Investasi merupakan ketersediaan seseorang untuk mengalokasikan uang dalam nilai tertentu di masa sekarang untuk memperoleh penerimaan di mana hari yang akan datang.

  • Menurut Bodie, Kane dan Marcus

Investasi merupakan kesediaan seseorang mengalokasikan uang atau sumber daya berharganya saat ini dan menahannya hingga waktu yang ditentukan agar menerima keuangan (laba) di kemudian hari.

  • Menurut Dornbusch

Investasi merupakan pengeluaran yang disediakan guna meningkatkan atau mempertahankan komponen-komponen

  • Menurut Otoritas jasa keuangan (OJK)

Investasi adalah penanaman modal yang biasanya dilakukan dalam jangka panjang, untuk perdagangan pembelian saham-saham dan surat berharga lain untuk memperoleh keuntungan.

Adapun jenis-jenis investasi

  • Investasi properti

Investasi properti adalah investasi berbentuk fisik. secara umum, investasi properti bisa sangat menguntungkan, karena harganya akan terus meningkat setiap tahun. Contoh investasi properti adalah membeli tanah dan membeli rumah yang kemudian yang bisa dijual atau disewakan

  • Investasi emas.
Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline