Lihat ke Halaman Asli

Edukasi Pemahaman Masyarakat Akibat dari Penularan Covid-19 di Desa Gedangan RT 02 RW 01, Grogol, Sukoharjo

Diperbarui: 9 Juli 2020   14:54

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokumentasi pribadi

KKN COVID-19 UNS adalah Kuliah Kerja Nyata yang dilaksanakan pada masa pandemi COVID-19 oleh Mahasiswa Universitas Sebelas Maret (UNS). Kegiatan ini dilakukan dengan cara mahasiswa melaksanakan programnya di tempat tinggal masing-masing. Tentunya KKN COVID-19 ini dikerjakan secara individu atau perorangan dan tidak berkelompok, pembimbinganya oleh dosen pembimbing lapangan secara daring.

Kegiatan KKN COVID-19 ini juga diikuti oleh Febrian Eka Raharja, mahasiswa aktif Mahasiswa Universitas Sebelas Maret (UNS). Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) UNS semester 6 di Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan (PTB). Febrian melaksanakan kegiatan ini di wilayah tempat tinggalnya yaitu Desa Gedangan RT 02 RW 01 dan dilakukan dengan jangka waktu 32-45 hari. Dosen pembimbing lapangannya ialah Bapak Budi Siswanto. S.T., M.Ars, yang beliau merupakan dosen saya di Pendidikan Teknik Bangunan (PTB).

Dengan tema besar Supporting Pemahaman Masyarakat Di Era COVID-19. Salah satu program yang dikerjakan ialah mengedukasi masyarakat tentang berita, permasalahan dan informasi selama pandemi COVID-19 ini melalui daring yaitu Whatsapp Group dan pada akhir kegiatan KKN ada pembagian masker dan pembuatan tempat cuci tangan. Kegiatan ini dilaksanakan secara daring dan setiap hari selama KKN COVID-19 ini berlangsung yaitu dengan rentang 32-45 hari. Whatsapp Group ini bernama "WARGA RT 02" dibuat oleh Ketua dan pengurus RT 02/ RW 01. Dan tentunya anggotanya berisi Warga RT 02 yang kurang lebih terdiri dari 60-70 Kartu Keluarga (KK).

Hasil yang telah didapatkan setelah melaksanakan program ini ialah masyarakat yang paham tentang perkembangan COVID-19 di Indonesia dan Kabupaten Sukoharjo khususnya. Karena dalam setiap hari saya selalu membagikan data kasus COVID-19 di Indonesia dan Kabupaten Sukoharjo. Bukan hanya itu saja, masyarakat disini juga saya berikan edukasi tentang langkah-langkah pencegahan COVID-19 supaya masyarakat selalu waspada dan menjaga kesehatan agar terhindat dari COVID-19 ini.

Dokumentasi pribadi




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline