Lihat ke Halaman Asli

Favian Gisala Marzuq

Sastra Inggris

15 Tips Mengerjakan Skripsi dengan Cepat agar Lulus Tepat Waktu

Diperbarui: 27 Mei 2022   11:39

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Skripsi merupakan tugas akhir yang harus dikerjakan mahasiswa sebagai syarat mendapatkan gelar Sarjana. Biasanya, sebelum melaksanakan bimbingan dan menyusun skripsi ada beberapa hal yang harus ditempuh mahasiswa seperti mempersiapkan research proposal, melaksanakan ujian komprehensif, menyusun skripsi yang kemudian akan disidangkan setelah penyusunan skripsi selesai.

Namun, mengerjakan skripsi tidak selalu berjalan dengan mudah. Banyak mahasiswa yang kebingungan mencari topik pembahasan, masalah penelitian dan objek penelitian yang akan mereka kaji dalam skripsinya masing-masing sehingga berdampak terhadap proses penyusunan skripsi. 

Maka dari itu, sebagian mahasiswa gagal melanjutkan penyusunan karena waktu sudah habis, atau mengalami kebuntuan karena beberapa hal yang melatar belakanginya. 

Alhasil, skripsi tidak selesai tepat waktu dan lebih parahnya harus melaksanakan penyusunan proposal penelitian yang baru. Maka dari itu berikut penulis paparkan 15 tips mengerjakan skripsi dengan cepat dan tepat supaya lulus tepat waktu.

1. Banyak melakukan riset mengenai skripsi terdahulu yang menginspirasi kamu dalam menyusun skripsi untuk dijadikan previous studies.

Biasanya banyak mahasiswa sebelum kalian yang sudah melaksanakan penelitian dan penyusunan skripsi sebagai syarat mereka mendapatkan gelar sarjana. Beberapa diantaranya mungkin dapat menjadi referensi kalian dalam membuat reseach proposal atau penyusunan skripsi. Sehingga kalian tidak mengalami kebingungan.

2. Usahakan memilih topik penelitian yang kalian suka dan pahami.

Memang menyusun skripsi dengan masalah atau hal baru yang membuat skripsi kamu istimewa itu keren sekali. Namun, jangan sampai karena standar ketinggian, skripsi kalian malah tidak dapat terselesaikan tepat waktu.

3. Membuat agenda bimbingan dengan dosen pembimbing skripsi

Biasanya mahasiswa akan diberikan dua pembimbing skripsi yang akan selalu membimbing kamu dalam menyusun skripsi. Hal ini sangat penting untuk dilakukan karena mereka akan membantu kamu jika kamu mengalami kendala. Tapi, diusahakan tentukan waktu yang tepat untuk bimbingan, karena mereka akan mempunyai kesibukan yang lain selain membimbing skripsi kalian.

4. Ketahui karakter dan watak dosen pembimbing

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline