Lihat ke Halaman Asli

Moh Farhanuddin

Mahasiswa UIN Walisongo Semarang

YPMI Al-Firdaus Adakan Peringatan Hari Santri Tahun 2022

Diperbarui: 22 Oktober 2022   20:44

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Persiapan Upacara Peringatan Hari Santri - Dokumentasi Pribadi 

Semarang, 22 Oktober 2022- Hari Santri Nasional diperingati tiap tanggal 22 Oktober. Peringatan tersebut dilaksanakan sejak ditetapkan oleh presiden Jokowi pada tahun 2015. 

Penetapan itu merujuk pada tercetusnya "Resolusi Jihad" yang berisi fatwa kewajiban berjihad demi mempertahankan kemerdekaan Indonesia. Resolusi jihad ini melahirkan perlawanan 10 November 1945 yang diperingati sebagai Hari Pahlawan.

YPMI Al-firdaus adakan peringatan Hari Santri tahun 2022, dimulai sejak malam Sabtu dengan mengadakan khatmil Qur'an dan dilanjut tahlil bersama, kirim doa kepada para pahlawan dan santri yang telah gugur di Medan Perang. 

Kemudian dilanjut dengan nonton bareng (nobar) film Alif Lam Mim dan film-film pondok pesantren serta upacara pada keesokan harinya.

Dalam sambutannya, Drs. Kh. Ali Munir, M. Si sebagai Pembina upacara menyampaikan pidato dari Menteri Agama mengajak kepada seluruh Masyarakat untuk memperingati Hari Santri. Karena Hari Santri bukan hanya milik para santri. Tetapi, milik semua komponen bangsa yang mencintai tanah air, memiliki keteguhan dalam menjunjung nilai-nilai kebangsaan. Selain itu, Menteri Agama juga mengajak seluruh peserta upacara untuk berdoa mendoakan para pahlawan terutama dari kalangan ulama, kiai, dan santri yang telah syahid di Medan Perang 




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline