Lihat ke Halaman Asli

Farhan HaqTaufikkurahman

Mahasiswa/Universitas Pendidikan Indonesia

Peningkatan Pasar UMKM di Desa Panenjoan dengan Media Sosial

Diperbarui: 25 September 2022   06:21

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Alam dan Teknologi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Anthony

Dengan perkembangan modern secara global, membuat banyak perubahaan dalam beberapa aspek. Yang paling terasa adalah meningkatnya teknologi dengan pesat. Pada awalnya masyarakat umumnya saling mengirim surat, namun pada masa kini dengan perkembangan teknologi masyarakat umum cukup membuka gawainya untuk berbalas pesan. Begitu pun dengan pasar, pada awalnya masyarakat menggunakan pasar tradisional. dengan perkembangan jaman, Hadirlah pasar modern yang di sebut dengan mini market, dengan beberapa model pemasaran. Hingga hadir, di masa kini yakni marketplace yang tersedia di gawai dengan beberapa model aplikasi.

Media sosial merupakan platform digital saat ini, yang menyediakan fasilitas untuk melakukan aktivitas sosial seperti, berkomunikasi, membagikan konten video atau foto bagi setiap penggunanya. Dengan media sosial penggunanya menjadi mudah beraktivitas sosial, karena dengan media sosial penggunanya bisa berteman dengan siapa pun, bahkan bisa menjangkau pertemanan hingga luar negeri.

Perkembangan teknologi membuat pasar menjadi berkembang, yang pada awalnya tradisional hingga akhirnya menjadi sangat modern. Pada umumnya masyarakat kini hanya perlu membuka aplikasi marketplace pada gawainya untuk menemukan pasar. Peran media sosial pun sangat besar untuk pasar pada masa kini, bahkan aplikasi-aplikasi yang tersedia pada gawai berlomba-lomba membuat marketplace terbaiknya. Sehingga memudahkan para pedagang untuk meningkatkan pasar, dengan cara membuat konten menarik untuk di lihat oleh para pengguna lain. Sehingga para pengguna media sosial lain tergiur dengan konten atau produk yang sedang pedagang tawarkan.

Pelaku usaha umkm Desa Panenjoan yakni kue adeboy pun turut terlibat dalam perkembangan pasar modern dengan mencoba menjual produknya memakai media sosial setelah mendapatkan penyuluhan dari kelompok KKN Universitas Pendidikan Indonesia kelompok 158. Walaupun baru mencobanya semoga akan berkembang seperti pelaku usaha lainnya yang telah berhasil dan sukses menjual produknya di media sosial. 




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline