Mohon tunggu...
Farhan HaqTaufikkurahman
Farhan HaqTaufikkurahman Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa/Universitas Pendidikan Indonesia

saya menekuni digital marketing, hobby saya kali ini berjualan di medai sosial

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Tekno

Peningkatan Pasar UMKM di Desa Panenjoan dengan Media Sosial

25 September 2022   02:01 Diperbarui: 25 September 2022   06:21 50 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Alam dan Teknologi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Anthony

Dengan perkembangan modern secara global, membuat banyak perubahaan dalam beberapa aspek. Yang paling terasa adalah meningkatnya teknologi dengan pesat. Pada awalnya masyarakat umumnya saling mengirim surat, namun pada masa kini dengan perkembangan teknologi masyarakat umum cukup membuka gawainya untuk berbalas pesan. Begitu pun dengan pasar, pada awalnya masyarakat menggunakan pasar tradisional. dengan perkembangan jaman, Hadirlah pasar modern yang di sebut dengan mini market, dengan beberapa model pemasaran. Hingga hadir, di masa kini yakni marketplace yang tersedia di gawai dengan beberapa model aplikasi.

Media sosial merupakan platform digital saat ini, yang menyediakan fasilitas untuk melakukan aktivitas sosial seperti, berkomunikasi, membagikan konten video atau foto bagi setiap penggunanya. Dengan media sosial penggunanya menjadi mudah beraktivitas sosial, karena dengan media sosial penggunanya bisa berteman dengan siapa pun, bahkan bisa menjangkau pertemanan hingga luar negeri.

Perkembangan teknologi membuat pasar menjadi berkembang, yang pada awalnya tradisional hingga akhirnya menjadi sangat modern. Pada umumnya masyarakat kini hanya perlu membuka aplikasi marketplace pada gawainya untuk menemukan pasar. Peran media sosial pun sangat besar untuk pasar pada masa kini, bahkan aplikasi-aplikasi yang tersedia pada gawai berlomba-lomba membuat marketplace terbaiknya. Sehingga memudahkan para pedagang untuk meningkatkan pasar, dengan cara membuat konten menarik untuk di lihat oleh para pengguna lain. Sehingga para pengguna media sosial lain tergiur dengan konten atau produk yang sedang pedagang tawarkan.

Pelaku usaha umkm Desa Panenjoan yakni kue adeboy pun turut terlibat dalam perkembangan pasar modern dengan mencoba menjual produknya memakai media sosial setelah mendapatkan penyuluhan dari kelompok KKN Universitas Pendidikan Indonesia kelompok 158. Walaupun baru mencobanya semoga akan berkembang seperti pelaku usaha lainnya yang telah berhasil dan sukses menjual produknya di media sosial. 

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan