Lihat ke Halaman Asli

Faqih Ma arif

TERVERIFIKASI

Civil Engineering: Discrete Element | Engineering Mechanics | Finite Element Method | Material Engineering | Structural Engineering |

Dilema Berita Hoaks Virus Corona, dari Presiden, Rumah Sakit, hingga TKA Jadi Sasarannya

Diperbarui: 2 Februari 2020   06:12

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilustrasi hoax | Tirto.id

Jakarta-Laporan isu hoaks sudah dikeluarkan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia pada 29 Januari 2020. Hal ini tentunya sangat melegakan, di tengah berita yang beredar di WhatssApp grup sangat memprihatinkan. 

Tidak hanya membawa isu ini ke ranah lain, tapi juga mengundang keprihatinan yang luar biasa, karena minimimnya empati.

Beberapa kali penulis ingin mengcounter berita tersebut, akan tetapi dalam waktu bersamaan siang kemarin mendapatkan file dari Kominfo terkait Laporan Hoaks yang telah beredar di media sosial di Indonesia.

Tanpa mengurangi maksud dan isi berita, penulis sajikan dengan Bahasa yang dielaborasi dengan sumber berita lainnya yang terpercaya, terutama isu hoaks yang menerpa negeri Panda dengan virus corona-nya. 

Penulis tegaskan bahwa hal ini penting karena sebelumnya postingan dengan tema serupa telah di rilis, akan tetapi bukan di Indonesia, berita hoaks justru ada di negeri Panda sendiri.

Metode pencegahan virus Corona dengan Minum Air Hangat
Disampaikan oleh Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian penyakit, Kementerian Kesehatan, Bapak Anung Sugihantono, Kepada Tim CekFakta Tempo, Rabu, 28 Januari 2020.

Bahwasanya Kementerian Kesehatan tidak pernah mengeluarkan informasi tentang pencegahan infeksi virus Corona 2019-nCoV tersebut kepada masyarakat.

Hoax menimpa Kemenkes | turnbackhoax.id

Dalam beberapa kesempatan di media televisi, Bapak Menteri bahkan menyatakan bahwa virus corona akan sembuh dengan sendirinya, karena tergantung pada daya tahan tubuh.

Jika tubuh kita sehat, memakan makanan yang bergizi, olahraga, dan istirahat yang cukup, Kemungkinan besar akan terhindar dari penyakit yang ada saat ini.

Juga disampaikan kembali bahwa Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto menghimbau kepada masyarakat adalah menjaga diri dengan berperilaku hidup bersih dan sehat. Berperilaku hidup sehat dapat dilakukan dengan melakukan hal sederhana, seperti cuci tangan memakai sabun sebelum makan.

Berita untuk mengcounter isu hoax tersebut juga terdapat di laman [], kita dapat mengaksesnya secara langsung untuk melihat penjelasannya, tertanggal 30 Januari 2020.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline