Lihat ke Halaman Asli

Fadjar PENA MANFAAT Setyanto

PENA MANFAAT semoga pena ini selalu membawa manfaat.

Dan Kuncup Pun Tumbuh

Diperbarui: 30 September 2022   11:19

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri.

Saya sedang menantang diri saya sendiri untuk bisa menghasilkan tabulampot (tanaman buah dalam pot) yang bisa menjadi hiburan hati dan ramah untuk cuci mata.

Dokpri

Beberapa tanaman sudah saya tempatkan di tempatnya masing-masing supaya bisa dikelola dengan baik : mangga, belimbing, jambu merah, jeruk, dan ara adalah pohon buah yang sudah masuk dalam daftar perawatan saya. Namun selain tanaman buah ada juga beberapa tanaman hias membuat hati saya kepincut : lidah mertua, mawar, bougenvile, melati, dan pohon giok. Mereka saya masukan ke  dalam radar perawatan saya.

Dokpri

Saat tanaman-tanaman itu menghasilkan kuncup baru sungguh membuat hati menjadi bungah, apalagi pohon belimbing yang sempat rontok semua daunnya sejak paketnya saya buka.

Dokpri

Munculnya kuncup pada pohon yang kering seperti belimbing saat saya terima, menandakan masih ada kehidupan pada akarnya. Dengan perawatan yang tepat, alhamdulillah, kuncup bisa tumbuh bahkan setiap hari selalu bertambah daun-daunnya. Kalau sudah lebat berarti tinggal penanganan supaya menghasilkan buah yang bagus dan enak rasanya,

Dokpri

Ada juga jambu merah yang sudah lama terbengkalai, dengan perhatian dan kasih sayang, ternyata mulai menumbuhkan kuncup-kuncup daunnya. In sya Allah mereka akan tumbuh dengan baik.

Dokpri

Salah satu hal menyenangkan saat berhubungan dengan mereka ialah, saya bisa berzikir bersama mereka.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline