Mohon tunggu...
Fadjar PENA MANFAAT Setyanto
Fadjar PENA MANFAAT Setyanto Mohon Tunggu... Freelancer - PENA MANFAAT semoga pena ini selalu membawa manfaat.

Al Ghazali : kalau kamu bukan anak raja atau bukan anak ulama besar, maka menulislah.

Selanjutnya

Tutup

Diary Pilihan

Dan Kuncup Pun Tumbuh

30 September 2022   09:54 Diperbarui: 30 September 2022   11:19 151
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Saya sedang menantang diri saya sendiri untuk bisa menghasilkan tabulampot (tanaman buah dalam pot) yang bisa menjadi hiburan hati dan ramah untuk cuci mata.

Dokpri
Dokpri

Beberapa tanaman sudah saya tempatkan di tempatnya masing-masing supaya bisa dikelola dengan baik : mangga, belimbing, jambu merah, jeruk, dan ara adalah pohon buah yang sudah masuk dalam daftar perawatan saya. Namun selain tanaman buah ada juga beberapa tanaman hias membuat hati saya kepincut : lidah mertua, mawar, bougenvile, melati, dan pohon giok. Mereka saya masukan ke  dalam radar perawatan saya.

Dokpri
Dokpri

Saat tanaman-tanaman itu menghasilkan kuncup baru sungguh membuat hati menjadi bungah, apalagi pohon belimbing yang sempat rontok semua daunnya sejak paketnya saya buka.

Dokpri
Dokpri

Munculnya kuncup pada pohon yang kering seperti belimbing saat saya terima, menandakan masih ada kehidupan pada akarnya. Dengan perawatan yang tepat, alhamdulillah, kuncup bisa tumbuh bahkan setiap hari selalu bertambah daun-daunnya. Kalau sudah lebat berarti tinggal penanganan supaya menghasilkan buah yang bagus dan enak rasanya,

Dokpri
Dokpri

Ada juga jambu merah yang sudah lama terbengkalai, dengan perhatian dan kasih sayang, ternyata mulai menumbuhkan kuncup-kuncup daunnya. In sya Allah mereka akan tumbuh dengan baik.

Dokpri
Dokpri

Salah satu hal menyenangkan saat berhubungan dengan mereka ialah, saya bisa berzikir bersama mereka.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Diary Selengkapnya
Lihat Diary Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun