Lihat ke Halaman Asli

EVRIDUS MANGUNG

TERVERIFIKASI

Pencari Makna

Fenomena FOMO

Diperbarui: 14 Maret 2023   21:21

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilustrasi Fomo| Sumber: depositphotos.com

Baru-baru konser Blackpink menjadi pemicu trending topiknya istilah Fomo. Fear of missing out. Ketakutan kehilangan kesempatan.

Apa itu FOMO? Istilah ini pertama kali dikenalkan oleh profesor dari Oxford University, Dr. Andrew K. Przybylski pada tahun 2013. Menurutnya, penyebab utama seseorang mengalami sindrom ini adalah perasaan tidak puas dan tidak bahagia dengan dirinya sendiri. (sumber). 

Oleh karena tidak puas dan tidak bahagia dengan diri sendiri, seseorang mencari kebahagiaan di luar. Fomo menggambarkan ketakutan khusus. Ketakutan yang muncul ketika seseorang menganggap dirinya kehilangan beberapa interaksi sosial penting. 

Dalam konteks inilah makanya orang beranggapan bahwa kebanyakan penonton yang hadir di konser Blackpink bukanlah fans. Mereka yang hadir lebih banyak karena ada teman yang mengajak nonton konser. Bukan karena kemauan sendiri. Mereka tanpa pikir panjang setuju untuk ikut karena khawatir akan ada momen seru yang terlewat kalau tidak ikut.

Pada prinsipnyanya FOMO merujuk pada perasaan cemas atau khawatir seseorang yang merasa bahwa orang lain mungkin sedang melakukan sesuatu yang lebih baik, menarik, atau penting daripada yang sedang mereka lakukan.

Perasaan FOMO seringkali muncul ketika seseorang melihat atau mendengar aktivitas atau acara sosial yang terjadi tanpa mereka di dalamnya. Selain itu FOMO merujuk pada suatu keadaan ketika seseorang tidak ingin melewatkan kesempatan penting yang mungkin tidak datang dua kali.

FOMO sering dikaitkan pula dengan kebiasaan menghabiskan waktu secara berlebihan di media sosial dan internet. Sebabnya karena melihat orang lain melakukan aktivitas yang menarik di media social.

Mengutip Kompas.com, FOMO terjadi sebagai efek samping dari media sosial. Seperti diketahui, media sosial berguna untuk membagikan berbagai hal, seperti aktivitas, info, obrolan, dan lainnya. Perilaku kognitif yang berhubungan dengan FOMO, seperti selalu memperbarui situs atau media sosial yang diakses. Termasuk dengan mengetahui notifikasi yang muncul pada gadget.

Masih merujuk pada Kompas.com, FOMO juga menjadi sebuah ketakutan saat individu menunggu feedback dari pesan orang lain atau pembaruan yang akan terjadi. Kebutuhan untuk terus terlibat dalam pembicaraan merupakan salah satu yang menyebabkan individu mempunyai perilaku FOMO.

Ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan seseorang mengalami FOMO,  antara lain:

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline