Lihat ke Halaman Asli

Ety Purwasih

Guru/TK Dharma Wanita Persatuan Karangbong Gedangan, Sidoarjo

Meningkatkan Kemampuan Bercerita Anak Kelompok B Melalui Media Cerita Gambar Seri

Diperbarui: 11 Desember 2022   02:41

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Gambr PPL 3 Bercerita Gambar Seri/Dok pribadi

Menyusun Cerita Praktik Baik (Best Practice)  Menggunakan Metode Star (Situasi, Tantangan, Aksi, Refleksi Hasil Dan Dampak)

Terkait Pengalaman Mengatasi Permasalahan Siswa Dalam Pembelajaran.

TK Dharma Wanita Persatuan Karangbong Gedangan, Sidoarjo

Kondisi yang menjadi latar belakang masalah 

Berdasarkan hasil observasi terkait kemampuan literasi anak kelompok B dari 7 anak masih ada 5 anak yang belum mampu menceritakan kembali cerita yang telah didengar. Hal ini terjadi karena guru belum maksimal dalam melakukan kegiatan bercerita sehingga anak-anak masih kesulitan untuk melakukan kegiatan bercerita serta mengungkapkan pendapatnya. Maka perlu adanya inovasi pembelajaran yang menarik untuk meningkatkan kemampuan literasi anak kelompok B dalam kegiatan bercerita yaitu menggunakan media cerita gambar seri.

Pentingnya Praktik ini dilakukan 

Dengan menggnakan media cerita gambar seri akan memudahkan anak untuk menceritakan gambar serta membantu mengembangkan kemampuan berbahasa dan komunikasi anak.

Peran dan tanggung jawab guru dalam praktik ini yaitu: 

  • Guru sebagai fasilitator dengan melakukan proses pembelajaran secara efektif dan kreatif menggunakan media yang lebih menarik dan inovatif serta mampu menyampaikan pesan yang bermakna bagi anak sehingga tujuan dari pembelajaran ini dapat tercapai.
  • Menciptakan suasana di kelas yang nyaman dan aman untuk anak, sehingga anak-anak antusias dan semangat mengikuti kegiatan.
  • Mencari solusi terhadap masalah yang teridentifikasi dengan cara berdiskusi dengan teman sejawat, dosen pembimbing serta guru pamong.

Tantangan untuk mencapai tujuan praktik ini yaitu:

  • Anak masih kesulitan dalam kegiatan bercerita serta masih malu-malu dalam bercerita.
  • Terbatasnya media yang digunakan untuk kegiatan bercerita.
  •  

Yang terlibat dalam kegiatan bercerita menggunakan media gambar seri yaitu:

  • Anak sebagai sentral dalam proses kegiatan pembelajaran
  • Guru sebagai fasilitator
  • Dosen dan guru pamong sebagai pembimbing dalam proses pelaksanaan pembelajaran PPL
  • Rekan sejawat membantu terlaksanya kegiatan PPL

.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline