Lihat ke Halaman Asli

Erlina Sulistiani

Mahasiswa UNS

Edukasi Pola Hidup Bersih dan Sehat, Cegah Penularan Covid-19 dan Persiapan Menghadapi New Normal

Diperbarui: 11 Agustus 2020   13:23

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dok. pribadi

Dalam kondisi pandemi COVID-19, banyak kalangan yang berusaha ikut membantu pencegahan penyebaran COVID-19 serta membantu masyarakat terdampak baik dari bidang ekonomi, kesehatan, pangan, pengetahuan dan masih banyak lagi. Universitas Sebelas Maret dalam program kegiatan KKN UNS Tanggap Wabah COVID-19 juga turut andil dalam upaya membantu masyarakat terdampak melalui berbagai tema kegiatan. 

Erlina Sulistiani yang merupakan salah satu mahasiswa Program Studi Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Sebelas Maret turut serta dalam kegiatan tersebut. 

Kegiatan dengan tema pendidikan ini berlokasi di lingkungan RT 05 RW 07 Pundak, Jati, Jaten, Karanganyar, Jawa Tengah. Kegiatan KKN yang didampingi oleh dosen pembimbing lapangan (DPL) Dr. Eng. Risa Suryana, S.Si, M.Si ini, telah berlangsung dari tanggal 2 Juni 2020 hingga 31 Juli 2020.

Kegiatan dengan tema pendidikan ini bertujuan agar masyarakat menjadi lebih paham mengenai COVID-19 dan siap menghadapi era new normal, selain itu masyarakat menjadi lebih paham akan menjaga kesehatan keluarga selama pandemi COVID-19, serta membantu pelajar di sekitar lingkungan agar dapat lebih memahami materi sekolahnya. 

Program kerja yang dilakukan ada empat, yaitu penyebaran poster mengenai new normal pada grup whatsapp, bimbingan belajar online untuk SD dan SMP, edukasi pembuatan masker kain kepada anggota pemudi RT 05/07 Pundak, serta pemasangan poster pada tempat umum.

Penyebaran poster mengenai new normal pada grup whatsapp dilakukan agar masyarakat mendapat cukup pemahaman mengenai hal-hal yang sebaiknya dilakukan selama menjalani kehidupan di era new normal. Poster disebar sebanyak 12 kali dengan berbagai macam tema.

Untuk bimbingan belajar online dilakukan kerjasama dengan 10 peserta KKN UNS Tanggap Wabah COVID-19 lain, dengan murid berjumlah 54 siswa dari berbagai daerah. Keguatan ini dilakukan untuk membantu siswa-siswa untuk lebih memahami materi sekolah akibat kendala ketika sekolah dari rumah. 

Murid yang mengikuti bimbingan belajar ini mengaku terbantu karena adanya kegiatan ini, "Tidak terlalu susah Kak, soalnya sudah diajarin di sini. Terima kasih ilmunya Kak." Ucap Assa, salah satu murid bimbel.

Pada kegiatan edukasi pembuatan masker kain, dilaksanakan dengan pemberian edukasi penggunaan masker yang benar terlebih dahulu, yang kemudian dilanjutkan dengan edukasi pembuatan masker kain dengan memanfaatkan kain tidak terpakai yang ada di rumah. Untuk penempelan poster, dilakukan di masjid dan beberapa tembok di pinggir jalan sekitaran lingkungan yang ramai penduduk.

Pelaksanaan KKN UNS Tanggap Wabah COVID-19 yang telah dilaksanakan berjalan dengan lancar. Masyarakat sekitar juga memberika respon positif terhadap kegiatan ini. meskipun sempat mengalami kendala, namun kendala tersebut dapat diatasi dengan baik.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline