Lihat ke Halaman Asli

Elis Parlisa Rahmawati

Calon Guru Penggerak angkatan ke -7 Kab. Indramayu

Jurnal Refleksi Dwi Mingguan Modul 1.3 Visi Guru Penggerak

Diperbarui: 4 Desember 2022   14:17

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Assalamualaikum Wr. Wb

Jumpa lagi dengan saya Elis Parlisa Rahmawati Calon Guru Penggerak Angkatan ke-7 kab, Indramayu.

Pada kesempatan kali ini saya akan merefleksikan Kembali apa yang telah saya pelajari dan pahami kemudian saya lakukan dalam jurnal refleksi dwi mingguan modul 1.3

Dalam mengerjakan tugas ini saya menggunakan model refleksi yang dikembangkan oleh Dr. Roger Greenaway, yaitu 4F (Facts, Feelings, Findings, Future). 4F merupakan model refleksi yang dikembangkan oleh Dr. Roger Greenaway. 4F bisa diterjemahkan menjadi 4P.

Peristiwa (Facts):

Didalam modul 1.3 ini di alur mulai dari diri saya sebagai CGP diminta  mampu merumuskan visi pribadi mengenai murid dan sekolah yang menumbuhkembangkan Profil Pelajar Pancasila. Dalam memaknai bagaimana pentingnya visi tentang murid saya diminta untuk menggambarkan impian tentang murid saya dimasa depan. 

Dalam hal ini murid impian saya adalah "Tumbuh menjadi murid yang berprofil pelajar Pancasila, berkecakapan abad 21, murid ysng Bahagia merdeka lahir batin dan dapat meraih cita-citanya. setelah menjabarkan murid seperti apa yang saya impikan, saya juga diminta untuk menyusun visi saya sebagai guru penggerak dari gambaran murid yang saya impikan ini. hal ini dilakukan agar impian saya terhadap murid ini menjadi sebuah kenyataan dan dapat terwujud di kehidupan yang akan datang. 

Setelah Menyusun visi saya kemudian membuat sebuah Prakarsa perubahan menggunakan Inkuri Apresiatif sebagai paradigma manajemen perubahan (BAGJA). dimana pendekatan ini adalah suatu pendekatan manajemen perubahan yang kolaboratif dan berbasis kekuatan. IA menggunakan prinsip-prinsip psikologi positif di sekolah.

Pendekatan IA dapat dimulai dengan mengidentifikasi hal baik apa yang ada di sekolah, mencari cara bagaimana hal tersebut dipertahankan, dan memunculkan strategi untuk mewujudkan ke arah yang lebih baik melalui tahapan BAGJA.

Perasaan (Feelings):

Yang saya rasakan pada saat mempelajari modul 1.3 baik secara mandiri maupun di ruang tatap maya Bersama fasilitator dan berkolaborasi dengan teman satu kelompok , lalu diperkuat dengan elaborasi pemahaman oleh Instuktur sehingga  saya sangat optimis sekali  karena terbukanya pemahaman bahwasannya kita dapat memanfaatkan asset sebagai kekuatan positif kita untuk memulai perubahan positif demi terwujudnya sebuah visi yang telah saya cita-citakan, walaupun dalam perjalanan mewujudkan perubahan tersebut tidak akan berjalan mulus pasti akan menemui hambatan atau tantangan

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline