Lihat ke Halaman Asli

Eko Wahyuningtias

Mahasiswa yang sedang belajar nulis

Strategi Bisnis Kuliner agar Tetap Bertahan di Masa Pandemi

Diperbarui: 6 Oktober 2021   23:58

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Maulana Handayani, pemilik  Rumah Makan Ayam Taliwang Khas NTB (Doc. Eko)

Sudah sekitar satu setengah tahun pandemi Covit-19 melanda di Indonesia.

Hampir semua sektor bisnis dan industri terkena dampaknya, salah satu sektor yang terdampak paling besar adalah usaha kuliner. Upaya pemasaran secara Online dan Offline telah dilakukan oleh para pelaku usaha untuk meningkatkan penjualan

 Pada hari minggu 3 Oktober 2021 saya mendapat kesempatan untuk melakukan wawancara secara Online dengan seorang pengusaha kuliner dia adalah Maulana Handayani pemilik dari Rumah Makan Ayam Taliwang Khas NTB yang beralamat di JL. Opak Raya, Jirak, Bokoharjo, Kec. Prambanan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yokyakarta .

Maulana Handayani memulai usaha kulinernya pada akhir Tahun 2019 "Saya mulai buka usaha sejak akhir Tahun 2019, kemudian Corona datang Pada bulan Maret 2020. Pada saat awal Corona melanda Indonesia, itu merupakan saat-saat tersulit bagi saya, istilahnya baru saja mau buka, cari pelanggan biar  bagaimana caranya pelanggan suka dengan masakan kita, terus datang corona, Lockdown total, dan kemudian terpaksa harus tutup selama lima bulan" tuturnya kepada kami.

pada saat awal pandemi masuk ke Indonesia merupakan masa-masa tersulit bagi Maulana Handayani, karena saat ia baru ingin mulai usahanya ia harus kembali tutup semala lima bulan karena Lockdown pada awal pandemi. Ditambah dengan kebijakan PPKM yang diberlakukan oleh pemerintah daerah membuat omset usahanya semakin menurun.

Kepada kami Maulana Handayani membagikan tips agar usaha kuliner tetap dapat bertahan dimasa pandemi.

Pertama, jangan hanya berjualan secara Offline saja, lakukan juga penjualan secara Online, Sehingga pada saat tempat usaha kita terpaksa tutup akibat kebijakan pemerintah terkait pandemi kita masih bisa berjualan secara Online. coba bergabung dengan E-commerce yang dapat memfasilitasi penjualan Online Anda agar lebih mudah dalam melakukan transaksi penjualan.

Kedua, selalu menjaga konsistensi rasa dari masakan kita. Rasa yang selalu sama sejak pertama kali pelanggan memesan masakan kita merupakan kunci agar masakan kita tetap diminati.

Ketiga, selalu bersikap sopan dan ramah terhadap pelanggan baik secara Online maupun Offline. memberikan pelayanan terbaik terhadap pelanggan kan membuat pelanggan tidak segan untuk kembali lagi ke restoran kita




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline