Lihat ke Halaman Asli

Pembinaan PPID untuk Meningkatkan Pelayanan kepada Masyarakat

Diperbarui: 25 Februari 2018   16:31

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pembinaan PPID Untuk Meningkatkan Pelayan Kepada Masyarakat (dokpri/P3ESuma)

P3E Suma, KLHK (Kamis, 22 Februari 2018)-Biro Humas KLHK bekerjasama dengan P3E Suma mengadakan Pembinaan dan Pengembangan Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Regional Sulawesi Unit Pelaksana Teknis (UPT) Lingkup KLHK Sulawesi Maluku. Bertempat di Hotel Dalton Makassar Rabu (22-23 Februari 2018)

ppid-5a91297fdd0fa82f042af672.jpg

Pembinaan PPID Untuk Meningkatkan Pelayan Kepada Masyarakat (dokpri/P3ESuma)

Kegiatan sendiri berlangsung secara menarik, penuh dengan wawasan imu seputar keterbukaan informasi publik, selama ini hanya bisa diperdebatkan tanpa penyelesaiannya. Para peserta begitu antusias menyimak pemaparan para narasumber. Sebelum acara dimulai Kapus P3E Suma, membuka secara resmi. Dihadapan 70 orang peserta dari UPT Lingkup LHK Sulawesi Maluku. Kapus P3E mengatakan, "kegiatan PPID ini menjadi motor penggerak informasi di Daerah. Selanjutnya Kapus menegaskan tiga point penting PPID Jaman Now, yakni harus aktual, human interest dan membangun saling kepercayaan antara masyarakat dan pemerintah" pungkasnya.

Pemerintah terus berusaha meningkatkan kapasitas perangkat keterbukaan informasi publik di pusat dan daerah, sebagai wujud pelaksanaan reformasi birokrasi sehingga memudahkan masyarakat luas dalam mengakses informasi dengan mudah. Kepala Biro Humas sebagai PPID Utama KLHK memaparkan Pelaksanaan Pelayanan Informasi Publik. Pemapar berikutnya dari Komisioner Komisi Informasi Pusat mengangkat tema Pelningkatan Layanan PPID dalam Reformasi Birokrasi. Komisi Informasi Provinsi Sulawesi Selatan, lebih mengangkat tema Upaya Penyelesaian Konflik Pemenuhan Informasi Publik di Daerah, dimoderatori Tenaga Ahli Komisi Informasi Pusat.

ppid1-5a912a50cf01b43bd7740f42.jpg

Pembinaan PPID Untuk Meningkatkan Pelayan Kepada Masyarakat (dokpri/P3ESuma)

Selanjutnya dihari kedua Kuswandoro (Kepala Bagian Penyajian dan Pelayanan Informasi Publik) memberi paparan Rancangan Informasi Publik. Selain pembinaan dan pengembangan PPID, pada kesempatan ini pula dipaparkan Pengelolaan Media Sosial dalam upaya peningkatan Pelayanan Informasi Publik. Media sosial juga menjadi media dalam meningkatkan keterbukaan informasi dan komunikasi terkini dengan masyarakat.

Penyelenggaraan acara ini, selain untuk kembali mensosialisasikan pentingnya keterbukaan informasi publik, juga akan membentuk PPID Pelaksana/UPT di daerah. Nantinya, dengan adanya PPID di daerah akan lebih memudahkan masyarakat dalam memperoleh informasi melalui satu pintu.

Semoga dengan adanya kegiatan ini, dapat meningkatkan pelayanan informasi kepada masyarakat yang semakin cepat dan mudah ya sobat hijau.

Berita: Pembinaan PPID Untuk Meningkatkan Pelayanan Kepada Masyarakat. klik (disini)




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline