Lihat ke Halaman Asli

Efrem Siregar

TERVERIFIKASI

Tu es magique

10 Daftar Toko Oleh-Oleh di Karanganyar dan Tawangmangu

Diperbarui: 4 Januari 2019   18:25

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Buapti Karanganyar Juliyatmono saat memberi sambutan pada pembukaan toko oleh-oleh Buigo, Popongan, Karanganyar, Sabtu (8/12/2018) Foto: Diskominfo Kabupaten Karanganyar

Setelah menikmati kunjungan di sejumlah objek wisata Karanganyar, perjalanan belum lengkap jika tidak membawa oleh-oleh untuk dibagikan kepada rekan kerja atau sanak saudara.

Oleh-oleh Karanganyar itu bisa dipilih, apakah mau berbentuk kerajinan tangan atau makanan. Misalnya, grubi, durian, blankon, dan sebagainya.

Wisatawan dapat mengunjungi toko oleh-oleh atau langsung menuju sentra pembuatannya.

Berikut ini penulis rangkum toko oleh-oleh Karanganyar atau sentra kerajinan dan makanan khas Karanganyar.

1. Ubigo, Karanganyar

Ubigo merupakan nama pusat oleh-oleh Karanganyar yang baru saja diresmikan Bupati Karanganyar Juliyatmono pada awal Desember 2018.

Dikutip dari karanganyarkab.go.id, pusat oleh-oleh Ubigo menjajakan beragam produk UMKM. Produk unggulan di sini adalah Bollen Ubigo yang berbahan dasar ubi ungu dan bligo yang notabene merupakan hasil alam dari Karanganyar.


Pusat oleh-oleh Ubigo terletak di Kelurahan Popongan, kota Karanganyar.

2. Toko oleh-oleh Javenir, Tawangmangu

Nama Tawangmangu sudah populer sekian tahun sebagai tempat wisata di Soloraya. Udaranya sejuk karena terletak di lereng Gunung Lawu.

Di sini, wisatawan dapat membeli oleh-oleh mereka di toko oleh-oleh Javenir. Letaknya bersebelah taman Balekambang atau pintu masuk menuju air terjun Grojogan Sewu.

Toko oleh-oleh ini menjual pelbagai macam pakaian batik, kerajinan tangan, dan makanan lokal. Salah satunya grubi, makanan ringan yang berbahan dasar ubi manis.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline