Lihat ke Halaman Asli

Edy Supriatna Syafei

TERVERIFIKASI

Penulis

Jangan Bicara Aceh jika Belum Singgahi Masjid Raya Baiturrahman

Diperbarui: 21 Mei 2018   21:23

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokumentasi Pribadi

Masjid Raya Baiturrahman. Foto | Dokpri

Masjid Masjid Raya Baiturrahman memang sudah melegenda ke seantaro jagad. Karenanya, penulis setiap kali berkunjung ke Aceh selalu saja menyempatkan diri singgah. Apakah untuk shalat atau sekedar berkeliling masjid dengan sesekali mampir ke warung kecil menikmati kuliner daerah setempat.

Dari kejauhan, sambil menyedot air kelapa muda di tengah hari, penulis menikmati pemandangan masjid megah itu. Muncul perasaan, hidup makin terasa lengkap. Apa lagi di sisi kiri ikut menemani 'kasir berjalan' alias isteri tercinta. Isteri tidak boleh menjauh karena bakal melarikan diri untuk berbelanja.

Dari kejauahan, penulis saksikan anak-anak berlarian di kolam air mancur. Di tempat itu juga banyak santri kecil dan para ibu wara-wiri mengambil wudhu lantas melakukan shalat. Ada di antara pengunjung dari warga luar kota melaksanakan shalat berjamaah.

Aku di Masjid Baiturrahman. Foto | Dokpri

Bisa jadi, tanya penulis kepada pedagang setempat, saat Ramadan jemaah masjid ini bakal membludak. Soalnya, saat kunjungan di luar Ramadan saja demikian banyak orang, apa lagi saat bulan puasa.

Sambil berajalan keliling, kuhitung kubah masjid gaya arsitek Kesultanan Aceh itu. Kuduga ada lima. Eh tak tahunya dari berbagai literatur disebut bahwa masjid itu punya kubah tujuh dan lima menara.

Tak apa lah. Yang jelas masjid yang dibangun Sultan Iskandar Muda Mahkota Alam pada 1022 H/1612 M sangat indah. Kata orang banyak, keindahannya  mirip dengan Taj Mahal yang kondang di India itu. Masjid ini mudah dikunjungi lantaran berada di jantung Kota Banda Aceh.

Lantaran masjid ini memiliki nilai sejarah tinggi, maka penulis pun tak membuang kesempatan. Mengambil foto sebanyak mungkin, kadang swafoto di dalam dan luar masjid itu. Sayangnya, kunjungan itu bukan pada bulan Ramadan. Tentu, jika pada bulan ini maka laporannya terasa aktual, hehehe.

Tentu banyak orang tua masih ingat kala tsunami menghancurkan Tanah Rencong Aceh pada 26 Desember 2004 lalu. Masjid Raya Baiturrahman masih tetap kokoh.

Dalam tayangan televise, terlihat banyak orang berdiri di tembok masjid sambil menyaksikan ombak tsunami menghantam wilayah itu. Syukur,  rumah Allah ini tetap dijaga-Nya. Masjid Raya Baiturrahman telah menjadi saksi bisu sebagai tempat bagi rakyat Aceh berlindung sekaligus tempat evakuasi jenazah para korban tsunami.

Suasana pengunjung ketika bertandang ke masjid. Foto | Dokpri

Seorang ustaz tengah mengajar di halaman masjid. Foto | Dokpri

**

Membicarakan masjid ini tentu tak lepas dari historisnya yang heroik di bumi Rencong itu. Om Wikipedia menyebut saat Kerajaan Belanda menyerang Kesultanan Aceh - pada agresi tentara Belanda kedua - di Bulan Shafar 1290 Hijriah/10 April 1873 Masehi, Masjid Raya Baiturrahman dibakar.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline