Lihat ke Halaman Asli

Dyan Yulianti

Mahasiswi Agroteknologi

Cantik dan Sehat Bersama Kefir

Diperbarui: 23 September 2018   00:23

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Tidak semua orang mengetahui apa itu kefir.

Kefir sendiri berasal dari wilayah Pegunungan Kaukasus. Kefir adalah produk susu yang difermentasikan dengan menggunakan bakteri asam laktat seperti Lactobacillus lactis, Lactobacillus delbrueckii subsp.bulgaricus., dengan ragi dalam proses fermentasi tersebut menghasilkan asam laktat.

Kefir dapat dibuat dari susu sapi maupun susu kambing. Keduanya sama-sama baik dan memiliki sejuta manfaat. Tergantung kepada selera saja. Toh, tidak semua orang suka bau "prengus" dari susu kambing.

Warisan Nabi Muhammad

Masyarakat setempat telah mengenal serta mengkonsumsi minuman ini selama lebih dari 1.400 tahun. Legenda menyebutkan bahwa Nabi Muhammad memberikan biji kefir kepada orang-orang Kaukasus, serta diyakini bahwa Nabi Muhammad sendirilah yang mengajarkan nenek moyang untuk membuat kefir. Biji tersebut kemudian menjadi semacam "pusaka" yang diwariskan secara turun-temurun.  Tak heran, masyarakat Kaukasus mengenal kefir sebagai warisan dari nabi.

Kefir Untuk Kesehatan

Untuk mendapatkan manfaat kesehatan yang optimal, kefir dapat diolah menjadi sebuah produk minuman, yakni 'sufir' atau susu kefir.

instagram: omahkefir.salatiga

Manfaat dari minuman susu kefir ini sangat banyak, diantaranya yaitu;
  • Dapat mencegah segala macam alergi termasuk alergi gula susu (laktosa), mencegah pertumbuhan kanker, tumor, hepatitis, herpes, SARs, HIV/AIDS dan flu.
  • Mencegah pertumbuhan organisme pengganggu tubuh, mencegah gatal-gatal pada kulit, dan mencegah infeksi jamur candidiasis.
  • Kefir dapat menyembuhkan penyakit TBC (paru-paru),sinuitis, ISPA, asma, radang usus, diare, sembelit, kelainan ginjal, asam urat, reumatik, osteoporosis, cholestrol, tekanan darah tinggi/ rendah, diabetes (kencing manis).
  • Kefir dapat menambah vitalitas dan gairah seksual, serta mengatasi gangguan fungsi seksual; menambah fungsi kerja lambung dan pencernaan; serta fungsi kekebalan tubuh.
  • Kefir dapat mengatasi migrain dan sakit kepala serta insomnia(sulit tidur)

Tentu banyak sekali menfaat dari minuman kefir ini. Namun ingat, semua butuh proses dan tidak instan. Dikarenakan minuman ini sangat alami dan sehat karena tidak mengandung bahan kimia apapun. Minuman kefir ini sangat bagus untuk terapi kesehatan.

Testimoni saya dapatkan dari seorang tetangga sebelah. Beliau merupakan seorang polisi yang kira-kira berumuran 40 tahunan. Beliau menderita asam urat, dan tentu sabagai polisi dituntut untuk selalu tanggap dan aktif dalam segala kondisi. Pada suatu saat, beliau makan kacang panjang dan alhasil kaki beliau sakit bahkan tidak bisa berjalan. Kemudian setelah terapi menggunakan minuman kefir ini, Alhamdulillah kakinya berangsur-angsur sembuh padahal belum habis sebotol.

            Minuman kefir ini sekilas mirip dengan yoghurt, akan tetapi teksturnya lebih kental. Yang menjadi kelemahan dari minuman ini yaitu rasanya yang sangat masam, tidak cocok dengan lidah orang jawa yang kebanyakan suka minuman yang rasanya manis. Walaupun sebenarnya dapat disamarkan dengan menambahkan perisa sirup maupun gula, tetapi rasa masam dari kefir ini masih terasa, dan justru 'manis-manis-kecut' hal inilah yang menjadi ciri khas dan kenikmatan dari susu kefir.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline