Lihat ke Halaman Asli

Kado Indah untuk Wanita Indonesia, Vaksin HPV Gratis

Diperbarui: 22 April 2022   07:34

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kesehatan. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Schantalao

Apa sih vaksin HPV dan kenapa gratis ?

Jika pembaca belum mengetahui apa itu vaksin HPV, vaksin HPV adalah vaksin untuk virus jenis Human Papiloma Virus.

Virus ini adalah penyebab utama terjadinya kanker pada serviks atau leher rahim wanita. Kasus kanker serviks menduduki peringkat kedua setelah kanker payudara.

Siapakah yang beresiko terkena kanker serviks, hampir semua wanita terutama yang aktif secara seksual mempunyai potensi untuk terpapar virus HPV meskipun ada juga laporan pria yang terpapar. 

Kanker serviks ini tegolong berbahaya karena stadiumnya meningkat dengan cepat dan dapat mengakibatkan kematian.

Vaksin HPV tergolong vaksin yang mahal, sekali pemberian vaksin bisa mencapai jutaan rupiah, dan penerima vaksin harus mengulang vaksinasi hingga tiga kali. 

Maka dengan adanya pengratisan vaksin HPV ini tentu menjadi sebuah hal yang membahagiakan bagi kita kaum wanita. 

Bukankah langkah preventif atau pencegahan lebih baik daripada mengobati karena seperti kita tahu, pengobatan untuk kanker merupakan sebuah rangkaian yang tidak boleh terputus di tengah jalan. 

Misalkan saja proses kemoterapi. Proses kemoterapi harus dilakukan sesuai dengan yang telah dijadwalkan dan jika jadwal tersebut geser satu saja maka pasien harus mengulang dari awal. Harga obat-obatan untuk kanker pun tidak bisa dibilang murah.

Dengan adanya vaksin gratis ini tentu akan memudahkan para wanita untuk mendapatkan vaksin dan menurunkan resiko mereka terpapar virus HPV dan menderita kanker serviks. 

Para pembaca patut waspada jika sering mengalami perdarahan di luar masa menstruasi, mengalami keputihan yang abnormal dan sering merasakan nyeri d area panggul karena bisa jadi hal tersebut adalah gejala awal dari kanker serviks.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline