Lihat ke Halaman Asli

Gobin Dd

TERVERIFIKASI

Orang Biasa

Keputusan Pensiun Gerard Pique, Masalah Pribadi, dan Pelajaran Pentingnya

Diperbarui: 5 November 2022   19:47

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Gerard Pique memutuskan pensiun sebagai pesepak bola. Foto: AFP/Josep Lago via Kompas.com

Gerard Pique (35 tahun) secara mengejutkan memutuskan untuk pensiun sebagai pesepak bola profesional. Keputusan Pique cukup mengejutkan. Tak ayal, harian surat kabar yang berbasis di tanah Spanyol menjadikan  keputusan Pique sebagai headlines.

Laga Barcelona kontra Almeria akhir pekan ini di Camp Nou akan menjadi laga terakhir bagi bek veteran Barca ini. Pemain yang membantu timnas Spanyol meraih trofi Piala Dunia 2010 dan mempersembahkan 3 trofi Liga Champions untuk Barca pensiun dengan sejumlah prestasi dalam karirnya sebagai pesepak bola. 

Umumnya, kesuksesan Pique terjadi saat berseragam Blaugrana.  Total 34 gelar yang diraih oleh mantan suami dari Shakira ini dari 15 musim sebagai pemain Barca. Pemain didikan akademi la masia ini sempat menghabiskan waktu 1 musim di Real Zaragoza dan 3 musim bersama Manchester United (MU). 

Karir Pique naik daun di Barca. Kendati berstatuskan pemain belakang, Pique berhasil mencatatkan 52 gol dari 615 laga yang dimainkannya. Oleh karena itu, tak berlebihan jika presiden klub Joan Laporta menyatakan bahwa Pique selalu menjadi rujukan untuk suporter Barca. 

Keputusan Pique agak berbeda dari yang diambil oleh para pesepakbola umumnya. Terlebih lagi, dari sisi usia sebenarnya Pique masih bisa bermain dengan klub-klub lainnya.

Juga, biasanya seorang pesepak bola memutuskan pensiun ketika di akhir masa kompetesi. Ada pula yang sudah memberikan sinyal untuk pensiun menjelang akhir musim dan keputusan itu menjadi efektif berlaku saat kompetesi satu musim berakhir. 

Sebaliknya, Pique memutuskan pensiun saat musim kompetesi belum separuh berjalan. Makanya, keputusan Pique sangat berbeda.

Pelbagai banyak hal yang bisa menjadi sebab dari keputusan yang dibuat oleh bek tengah Barca ini.   

Pada tempat pertama, musim ini Pique sudah jarang dimainkan.  Sejauh ini saat Barca bermian di La Liga Spanyol dan Liga Champions Eropa, Pique hanya mencatatkan 555 menit dari 9 laga bermain. 

Alih-alih Pique masih berniat untuk bersaing dengan pemain belakang seperti Jules Kounde, Ronald Araujo, Andreas Christensen, dan Eric Garcia, malahan Pique terlihat tak memenuhi ekspetasi. Pique menjadi pilihan terakhir Xavi. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline