Lihat ke Halaman Asli

Doni Saragih

Mahasiswa

Strategi Pengembangan Bisnis Berbasis Layanan

Diperbarui: 19 Maret 2024   12:00

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Entrepreneur. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Jcomp

Industri jasa merupakan salah satu bidang usaha yang menitikberatkan pada pelayanan, sehingga dalam pelaksanaannya menitikberatkan pada kepuasan pelanggan. Peran penting industri jasa saat ini sangat mempengaruhi dinamika persaingan bisnis yang semakin ketat, karena jasa merupakan upaya untuk memenuhi kebutuhan pelanggan dan memberikan pelayanan yang memuaskan kepada pelanggan di tengah persaingan yang cukup kompetitif. 

cara untuk menciptakan keunggulan kompetitif adalah dengan menjadikan fitur atau keunggulan produk Anda lebih unggul dari pesaing Anda. Permasalahan pada usaha kecil dan menengah berdasarkan produk dan jasa adalah kurangnya modal usaha, kurangnya pengetahuan tentang cara mengembangkan usaha, kurangnya
inovasi produk, dan kurangnya pemahaman tentang pemasaran digital dan pembukuan.

Strategi pengembangan bisnis adalah suatu
proses yang digunakan untuk mengidentifikasi, mempertahankan
dan memperoleh pelanggan baru serta menangkap peluang bisnis untuk mencapai pertumbuhan bisnis yang maksimal. Ruang
lingkup pengembangan usaha akan berbeda antara satu perusahaan dengan perusahaan lainnya; ini tergantung pada model bisnis yang diterapkan. Beberapa langkah strategis dalam proses pengembangan bisnis dinilai memadai antara lain : 

1. Membangun Merek

2. Menambah Modal

3. Strategi Penjualan yang Tepat

4. Pakar Terlihat dengan Pemasaran Konten

5. Mengoptimalkan Analisis SWOT

6. Bergabunglah dengan Komunitas

7. Berpartisipasi dalam Acara Amal

8. Berinovasi

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline